Sitename

Description your site...

Kenapa Sampit Salah Satu Tempat Terbaik Saksikan GMT?

Kenapa Sampit Salah Satu Tempat Terbaik Saksikan GMT?

KALAMANTHANA, Sampit – Inilah salah satu tempat terbaik menyaksikan Gerhana Matahari Total 2016: Sampit, Kotawaringin Timur. Kenapa bisa?

Pasalnya, saat GMT berlangsung pada Rabu (9/3/2016), cuaca di Sampit diperkirakan akan cerah. “Kondisi ini tentu saja sangat cocok dan tepat untuk menyaksikan GMT di Sampit,” kata Kepala Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Bandara Haji Asan Sampit, Yulida Warni, Jumat (4/3/2016).

Dibandingkan dengan daerah lain, kondisi cuaca di Sampit saat kejadian puncak GMT lebih cerah. Kondisi cuaca yang cerah tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyaksikan momen penting dan langka tersebut.

“Saya berharap masyarakat tetap waspada dan berhati dalam menyaksikan kejadian GMT,” katanya.

Yulida mengimbau masayarakat tidak melakukan kontak mata atau menatap secara langsung saat gerhana matahari karena dapat mengakibatkan kerusakan pada retina mata dan berdampak pada katarak serta kebutaan.

GMT diperkirakan akan terjadi pada pagi Rabu (9/3), dan akan melintasi 11 provinsi di Indonesia, yakni Bengkulu, Jambi, sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

“Untuk wilayah Kalimantan Tengah gerhana matahari total hanya dapat di saksikan dengan jelas di dua tempat, yakni Palangka Raya dan Kabupaten Kotim,” katanya.

GMT di wilayah Kabupaten Kotim akan terjadi sekitar pukul 07.27 WIB, sedangkan Palangka Raya akan terjadi sekitar pukul 07.28 WIB. (*)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan