Sitename

Description your site...

Barito Utara Siap Gelar Sensus Ekonomi

Barito Utara Siap Gelar Sensus Ekonomi

KALAMANTHANA, Muara Teweh – Bupati Barito Utara H. Nadalsyah memimpin apel Siaga Sensus Ekonomi di halaman Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Barito Utara Jalan Ahmad Yani, Jumat (18/3/2016).

Apel ini merupakan deklarasi resmi kesiapan BPS dalam menyelenggarakan Sensus Ekonomi tahun 2016 sebagai monentum untuk membangkitkan kesadaran dan membangun semangat seluruh jajaran BPS dan masyarakat Barito Utara. “Mulai saat ini kita harus berjalan satu irama, satu pikiran, dan satu tujuan guna mensukseskan Sensus Ekonomi 2016,” ujarnya.

Sensus Ekonomi 2016 merupakan amanat Undang-Undang Republik Indonesia nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Sensus juga selaras dengan nawacita pemerintah, yakni meningkatkan produktivitas dan daya saing di pasar internasional serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Data hasil pelaksanaan SE 2016 ini diharapkan mampu memotret daya saing bisnis di Indonesia pada umumnya, dan Kabupaten Barito Utara khususnya serta mententukan posisi perekonomian di antara negara-negara di kawasan regional dan Internasional.

“Hal ini menjadi penting mengingat saat ini Indonesia telah memasuki era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yang harus diantipasi dan disiakapi secara cermat dan cerdas. Dalam konteks ini, data SE menjadi sangat strategis dan krusial,” kata dia.

Nadalysah juga megatakan Sensus Ekonomi 2016 adalah kegiatan yang bersifat masif, karena mencakup seluruh kegiatan sektor ekonomi, kecuali sektor pertanian. Ada sekitar 11.842 usaha di Barito Utara yang akan disensus dan dalam pelaksanaanya akan melibatkan 174 orang petugas yang berasal dari tenaga organik BPS dan mitra dari kalangan masyarakat terpilih yang dilatih sebagai petugas. (fir)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan