Sitename

Description your site...

Murung Raya Juara Lomba Polisi Cilik DAS Barito

Murung Raya Juara Lomba Polisi Cilik DAS Barito

KALAMANTHANA, Buntok – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Barito Selatan (Barsel), menggelar lomba Polisi Cilik Bermain (PCB) dalam rangka memperingati HUT Lalu Lintas Bhayangkhara yang ke-60. Murung Raya tampil sebagai juara.

Adapun aturan dan cara pelaksanaan lomba PCB tersebut dengan cara rayonisasi yaitu Polres Barsel sebagai tuan rumah yang diikuti empat jajaran Polres di kabupaten DAS Barito, yakni Polres Barsel, Polres Barito Timur, Polres Barito Utara dan Polres Murung Raya, dengan menghadirkan dewan juri dari Kasubdit Dikyasa Polda Kalteng, AKBP Tri Agung Widiyantoro, Kompol Agus Supriyono dan Ipda Badriyah.

Kapolres Barsel AKBP Sukron dalam sambutannya dan sekaligus secara resmi membuka lomba PCB mengatakan kegiatan ini untuk mengedukasi anak-anak dalam upaya pengenalan Polri sejak dini serta memberikan proses pembelajaran terhadap keberadaan sosok polisi sebagai sahabat anak.

Menurutnya, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan lalu lintas kepada anak di usia dini tentang sejumlah tanda atau rambu lalu lintas sehingga mereka mampu mengetahui aturan yang ada saat berlalu lintas.

Sebab, lanjutnya, dewasa ini untuk pemahaman masyarakat tentang peraturan berlalu lintas sangatlah memprihatinkan. Hal ini terlihat begitu banyaknya persoalan serta pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di jalan raya yang diakibatkan karena kurangnya pemahaman mengenai rambu-rambu lalu lintas. “Untuk mengantisipasi hal ini perlu adanya sosialisasi atau penyegaran kembali tentang tatacara berlalu lintas yang baik melalui edukasi kegiatan polisi cilik bermain,”kata orang nomor satu di Polres Barsel ini.

Dikatakan Sukron, seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi terutama adanya arus globalisasi yang selalu membawa dampak posotif dan juga ada negatifnya. “Sehingga permasalahan tidak lagi sederhana namun cenderung menjadi begitu kompleks dan rumit,” ujarnya.

Ditambahkannya, salah satu contoh sering kita melihat orang tua tidak menyadari arti pentingnya keselamatan berlalu lintas dengan memberikan kendaraan bermotor kepada anaknya. Padahal anaknya memang belum cukup umur untuk mengendarai sepeda motor. “Melalui kegiatan PCB ini semoga kita bisa mengambil bagian yang mengandung arti dan juga sangat monumental karena gambaran kehidupan seorang polisi akan diadopsi lewat peragaan anak-anak dalam bentuk kegiatan, pengaturan baris berbaris, peragaan tentang 12 gerakan pengaturan lalu lintas yang diwujudkan lewat gerakan pengaturan lalu lintas juga lewat gerakan senam polisi cilik bermain,” ucapnya

Adapun sebagai juara pertama pada lomba Polisi Cilik Bermain ini diraih Polres Murung Raya, juara kedua Polres Barsel, juara ketiga Polres Barito Utara dan juara keempat Polres Barito Timur. (fik)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan