Sitename

Description your site...

Rita: Ayo, Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

Rita: Ayo, Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

KALAMANTHANA, Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rita Widyasari, mengimbau para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), camat, lurah/kepala desa serta pelaku usaha, pebisnis dan asosiasi usaha setempat mendukung Sensus Ekonomi 2016.

“Saya berharap, semua kepala instansi termasuk lurah atau kepala desa serta pengusaha untuk mendukung Sensus Ekonomi 2016,” ujar Rita Widyasari di Tenggarong, Jumat (1/4/2016).

Permintaan dukungan tersebut kata Rita Widyasari sebagai tindak lanjut dari surat Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nomor: B-974/BPS/6130-SE2016/12/2015 tanggal 30 Desember 2015 perihal Dukungan Penyelenggaraan Sensus Ekonomi (SE) 2016.

Kegiatan pendaftaran usaha atau perusahaan Sensus Ekonomi 2016 itu, kata dia, akan dilaksanakan pada 1-31 Mei 2016 secara serentak di seluruh Indonesia.

Sasaran Sensus Ekonomi 2016 lanjut Rita Widyasari yakni, mulai usaha mikro atau rumah tangga, kecil dan menengah (UMKM) serta usaha atau perusahaan besar.

“Pendaftaran Sensus Ekonomi 2016 itu akan mencakup semua sektor, kecuali sektor pertanian karena sudah dicakup dalam Sensus Pertanian 2013,” kata Rita Widyasari.

Bagi pemerintah, hasil pendaftaran Sensus Ekonomi 2016 tersebut akan sangat berguna sebagai dasar perencanaan ekonomi, mengetahui potensi ekonomi, peta sektor usaha, penyerapan tenaga kerja dan penghitungan nilai tambah yang akurat.

“Sedangkan bagi dunia usaha ‘listing’ Sensus Ekonomi 2016 sangat bermanfaat diantaranya, sebagai dasar perencanaan pengembangan usaha, penentuan pangsa pasar, potensi pasar serta jumlah usaha sejenis,” tutur Rita Widyasari.

Selanjutnya menurut Rita Widyasari, pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 secara teknis administratif akan dikoordinasikan oleh BPS Provinsi Kaltim dan BPS Kutai Kartanegara sementara untuk arahan dan kelancaran teknis operasionalnya dibutuhkan bantuan dan dukungan dari semua pemimpin institusi Pemerintah.

“Untuk itu, saya menginstruksikan agar mendukung kegiatan ini dengan mengimbau kepada masyarakat dan para pelaku usaha agar membantu petugas pendata Sensus Ekonomi 2016 dengan memberikan jawaban yang benar dan apa adanya,” kata Rita Widyasari. (ant/ik)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan