Sitename

Description your site...

Pelantikan Sugianto-Said Belum Pasti, Pemprov Kalteng Sudah Siap

Pelantikan Sugianto-Said Belum Pasti, Pemprov Kalteng Sudah Siap
Gubernur Kalteng, Sugiano Sabran

KALAMANTHANA, Palangka Raya – Meski masih belum ada kepastian kapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dilantik, Pemprov setempat sudah melakukan persiapan.

Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Kalteng, Slamet Winaryo, menyatakan pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi persiapan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Dalam rapat tersebut dibahas secara teknis terkait serah terima jabatan dan menunjuk Asisten Sekda I dan II Pemprov Kalteng mengurus pelantikan tersebut.

“Kami dari Biro Pemerintahan hanya sebagai anggota. Semuanya yang mengurus terkait pelantikan Gubernur asisten. Silakan ditanyakan langsung ke asisten saja terkait mengenai pelantikannya,” kata Slamet di Palangka Raya, Selasa (5/4/2016).

Sebelumnya, Pemprov Kalteng memperhitungkan pelantikan Sugianto Sabran dan Habib Said Ismail sebagai gubernur dan wakil gubernur baru, akan dilaksanakan paling lambat 15 April 2016.

Perkiraan tersebut berdasarkan penghitungan 20 hari setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerima berkas secara lengkap dari DPRD Kalteng terkait hasil penetapan pemenang pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur, kata Slamet di Palangka Raya.

“Menghitung 20 hari itu saat hari kerja saja. Hari libur tidak dihitung. Itu kenapa perkiraannya pelantikan Gubernur/Wakil Gubernur Kalteng paling lambat 15 April 2016. Tapi, sampai sekarang kita belum menerima kapan pastinya pelantikan,” tambahnya di Palangka Raya, Selasa (5/4/2016).

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Kalteng Hadi Prabowo juga mengaku belum mengetahui secara pasti jadwal pelantikan Gubernur terpilih. Hadi yang juga salah satu pejabat di Kemendagri ini menyebut pelantikan Gubernur sedang diproses dan pastinya menunggu jadwal Presiden.

“Sekarang ini masih proses. Pelantikan Gubernur itu kan wewenang Presiden. Kemendagri kan membuat surat terkait pelantikan, baru disampaikan dan menunggu waktu Presiden. Tunggu saja,” kata Hadi.

DPRD Kalteng pada 16 Maret 2016 telah mengadakan rapat paripurna sidang istimewa dengan agenda pengumuman hasil penetapan pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Kalteng. Sidang paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Kalteng Renhard Atu Narang didampingi wakil Ketua Abdul Razak dan sejumlah wakil ketua lainnya.

Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak mengatakan, pihaknya akan langsung menyampaikan Kemendagri surat keputusan DPRD dan meminta agar segera dijadwalkan pelantikan terhadap pasangan Sugianto/Habib sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Kalteng lima tahun mendatang.

“Kita, pada Kamis (17/3) menyampaikan suratnya. Kita yakin Kemendagri sedang memproses pelantikan Gubernur terpilih. Kita tunggu saja. Mungkin masih menunggu jadwal Presiden,” kata Razak yang juga Ketua Tim pemenangan Sugianto-Habib. (ant/ik)

Tags: , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan