Sitename

Description your site...

Sudarsono: MTQ Tumbuhkan Kecintaan Umat pada al-Quran

Sudarsono: MTQ Tumbuhkan Kecintaan Umat pada al-Quran

KALAMANTHANA, Kuala Pembuang – Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono mengharapkan, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dapat dijadikan sebagai momen untuk menumbuhkan kecintaan kaum muslim pada al-Quran.

“MTQ yang akan digelar nanti hendaknya dapat membangkitkan kecintaan umat muslim kepada al-Quran,” kata Sudarsono usai meninjau persiapan pelaksanaan MTQ ke XII Kabupaten Seruyan di Kuala Pembuang, Selasa (5/4/2016).

Ia mengatakan, MTQ juga hendaknya dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi antarumat beragama, bukan hanya sesama umat muslim, tapi seluruh umat beragama yang ada di “Bumi Gawi Hatantiring”.

“Karena al-Quran mengajarkan seluruh umat manusia di muka bumi ini untuk saling mengenal dan membangun kehidupan yang harmonis serta penuh kedamaian,” katanya.

Sudarsono juga meminta panitia MTQ kali ini dapat memunculkan peserta-peserta berkualitas yang mampu memperlihatkan kemampuan terbaik dalam ilmu-ilmu Al Quran sehingga dapat mengharumkan nama Seruyan pada MTQ di tingkat provinsi.

“Akhir-akhir ini prestasi Seruyan dalam MTQ tingkat provinsi belum begitu membanggakan, karena itu kita berharap MTQ yang akan digelar nanti dapat memunculkan potensi masyarakat Seruyan pada tingkat yang lebih tinggi,” katanya.

Ia menilai, menurunnya prestasi Seruyan pada ajang MTQ tingkat provinsi beberapa tahun terkahir karena kurangnya peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dalam mengembangkan potensi masyarakat untuk mendalami ilmu-ilmu Al Quran.

“Ini menjadi tugas berat bersama, dan kita sudah sepakat bahwa kita tidak akan membawa orang luar untuk ikut MTQ tingkat provinsi, jadi betul-betul mengandalkan orang-orang kita sendiri,” katanya.

MTQ ke XII tingkat Kabupaten Seruyan yang di pusatkan di Stadion Mini Gagah Lurus Kuala Pembuang rencananya akan digelar 22 April dengan memperlombakan enam cabang, yakni cabang tilawah, tartil, kaligrafi, qasidah, serta makalah MTQ. (ant/ik)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan