Sitename

Description your site...

Kota Baru Tanjung Selor, Semua Rumah Menghadapi Sungai

Kota Baru Tanjung Selor, Semua Rumah Menghadapi Sungai

KALAMANTHANA, Nunukan – Kalimantan Utara bakal memiliki Kota Baru Mandiri Tanjung Selor di Kabupaten Bulungan. Nantinya, semua bangunan yang berdiri diharapkan menghadap sungai ukuran besar agar memiliki ciri khas sendiri.

Permintaan itu disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Jalil kepada Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie di Jakarta sehubungan dengan audiensi rencana pembangunan KBM Tanjung Selor tersebut.

Sofyan Jalil merespon positif usulan Pemprov Kaltara soal pembangunan KBM Tanjung Selor yang terintegrasi dengan kawasan industri dan pelabuhan internasional di Tanah Kuning Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan tersebut.

Hanya saja dia menyarankan KBM Tanjung Selor nantinya berada pada pinggiran aliran sungai besar dengan rancangan seluruh bangunan menghadap ke Sungai Kayan supaya memiliki ciri khas.

“Mengenai rancangan pembangunan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor diusahakan seluruh bangunan menghadap sungai supaya memiliki citri khas,” harap Menteri PPN/Kepala Bappenas tersebut.

Ia juga mengharapkan pendirian bangunan diawasi secara ketat sehingga memenuhi estetika yang berwawasan lingkungan agar tidak mengganggu daerah aliran sungai dan mengurangi estetika daripada sungai itu.

Sofyan Jalil menyatakan, KBM Tanjung Selor membutuhkan rancangan yang komprehenshif bukan hanya dari aspek estetikanya semata tetapi lebih penting adalah terciptanya harmonisasi positif antara fungsi antar ruang serta isi ruangnya.

Mengenai sarana prasarana pelayanan publik, dia meminta agar direncanakan dengan baik dimana jalanan berjarak minimal 50 meter dari sungai serta mampu mengakomodir kegiatan ekonomi masyarakat termasuk perumahan masyarakat beserta sarana pendukungnya.

Pada kesempatan itu pula, Menteri PPN/Kepala Bappenas berjanji akan menghadiri musyarawah rencana pembangunan (musrenbang) Provinsi Kaltara yang dilaksanakan 18 April 2016. (ant/akm)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan