Sitename

Description your site...

Hebat, Umat Kristen dan Hindu Meriahkan Pembukaan MTQ Kotim

Hebat, Umat Kristen dan Hindu Meriahkan Pembukaan MTQ Kotim
Bupati Kotim, Supian Hadi

KALAMANTHANA, Sampit – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Sabtu (16/4/2016) dibuka. Ada yang istimewa. Apa?

Ini: puluhan umat non-Muslim turut memeriahkan pembukaan tersebut. Mereka, para anggota jemaat Gereja Kalimantan Evangelis Tumbang Sangai dan umat Hindu Kaharingan, ikut menjadi “anggota” kafilah dari Kecamatan Telaga Antang saat parade 17 kafilah peserta MTQ.

Dalam parade yang dihadiri Bupati Kotim Supian Hadi tersebut, kafilah Telaga Antang yang merupakan tuan rumah, cukup menyita perhatian. Selain jumlah anggotanya lebih banyak, juga tampak sebagian anggota yang mengenakan pakaian berbeda dan perempuannya tidak mengenakan jilbab seperti halnya peserta perempuan kafilah lain.

Kehadiran umat non-Muslim itu kontan mendapat apresiasi dan aplaus dari ribuan warga yang menghadiri pembukaan MTQ. “Saya dapat laporan, keterlibatan warga non-Muslim tidak hanya saat parade malam pembukaan, tetapi juga saat persiapan. Ini kondisi kerukunan dan toleransi yang sangat menggembirakan. Ini bukti kebersamaan kuat masyarakat kita,” kata Supian Hadi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kotim, Samsudin, menyebutkan keikutsertaan umat non-Muslim dalam acara ini atas kesadaran sendiri sebagai wujud toleransi dan dukungan mereka terhadap kesuksesan MTQ.

“Ini merupakan sebuah gambaran kerukunan yang luar biasa. Mudah-mudahan Kotawaringin Timur selalu aman dan damai,” harap Samsudin.

Camat Telaga Antang Sutimin menyebutkan, MTQ digelar dari 16 hingga 20 April dengan jumlah peserta mencapai 900 orang. Mereka ditampung di 19 pemondokan yang tersebar di tiga desa.

Perlombaan membaca kitab suci al-Quran itu digelar di lapangan sepak bola Telaga Antang, aula kecamatan, dan sejumlah masjid. “Mohon maaf kepada peserta yang penginapannya berjarak cukup jauh dari arena lomba,” kata dia.

Acara pembukaan berjalan lancar meski malam sebelumnya lokasi acara sempat porak-poranda akibat angin kencang dan hujan deras. Acara juga dimeriahkan pasar rakyat yang diikuti 50 peserta. (ant/ama)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan