Sitename

Description your site...

DPRD Seruyan Desak Segera Perbaiki PLTMH Riam Batang

DPRD Seruyan Desak Segera Perbaiki PLTMH Riam Batang

KALAMANTHANA, Kuala Pembuang – Anggota DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah, Atinita meminta pemerintah setempat bertindak cepat untuk memperbaiki PLTMH Riam Batang yang rusak akibat longsor.

Desakan ini dia sampaikan mengingat listrik merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus terpenuhi untuk menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari.

“Kami mengharapkan agar PLTMH itu segera diperbaiki agar warga Desa Riam Batang dapat kembali menikmati listrik,” katanya.

Politisi Golkar ini menambahkan, apabila tidak segera diperbaiki, ia khawatir bukan hanya aktivitas masyarakat yang terganggu, tapi akan menimbulkan stigma negatif karena mengabaikan kebutuhan masyarakat terpencil yang sudah cukup lama tidak menikmati listrik.

“Ini juga sebagai bentuk keadilan bagi desa yang belum memiliki penerangan. Selain itu, dengan adanya listrik maka warga desa juga akan merasa bahwa mereka juga diperhatikan oleh pemerintah daerah,” katanya di Kuala Pembuang, Senin.

Bahkan, karena sering rusak, warga di Desa Riam Batang meminta kepada Pemerintah Seruyan agar mengganti PLTMH dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Sehubungan dengan rusak dan tidak berfungsinya PLTMH, maka warga meminta agar pembangkit listrik itu digantikan saja dengan PLTS,” katanya.

Satu unit pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di Desa Riam Batang, Kecamatan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah rusak akibat tanah longsor.

“Saat ini PLTMH Desa Riam Batang rusak dan tidak bisa difungsikan akibat longsoran tanah dari bukit-bukit yang ada di sekitarnya,” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) SeruyanPieter Manginte di Kuala Pembuang.

Ia mengatakan, PLTMH Desa Riam Batang dengan kapasitas 15 kilowatt tersebut sudah beberapa kali rusak dan mengalami perbaikan akibat tanah longsor.

Karena seringnya rusak, maka pihak Distamben sedang melakukan survei dan kajian ulang untuk mencari cara yang tempat dalam memperbaiki PLTMH Desa Riam Batang yang berdekatan dengan perbatasan Seruyan dan Kabupaten Melawi, Kalbar. (ant/akm)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan