Sitename

Description your site...

Bersiaplah, Ini Jadwal Tes Tenaga Kontrak Pemkab Kotim

Bersiaplah, Ini Jadwal Tes Tenaga Kontrak Pemkab Kotim

KALAMANTHANA, Sampit – Para pemburu tiket tenaga kontrak di Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kini harus bergegas. Mereka harus menyiapkan diri karena tes penerimaan dimulai 28 April nanti dengan sistem computer assisted tes dari Badan Kepegawaian Negara.

“Senin-Rabu, pengambilan kartu tes di kantor kami, selanjutnya tes kemampuan dasar (TKD) dilaksanakan mulai Kamis (28/4). Pengumuman juga bisa dilihat di website BKD. Nanti pas mengambil kartu tes, bawa tanda terima berkas saat pendaftaran dulu. Di kartu tes nanti juga ada pemberitahuan jadwal dan tata tertib tes,” kata Pelaksana Tugas Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur (Kotim) Alang Arianto di Sampit, Kamis (21/4/2016).

Tes akan dilaksanakan di gedung CAT kantor Badan Kepegawaian Daerah. Setiap sesi tes selama dua jam dengan jumlah peserta 46 orang. Dengan kemampuan satu hari sebanyak lima sesi atau kelompok, maka tes seluruh peserta diperkirakan baru akan selesai selama delapan hari.

Ada 51 komputer disiapkan, yakni 46 digunakan dan lima untuk cadangan. Jika terjadi pemadaman listrik, tes tidak terganggu karena UPS langsung bekerja dan kemudian daya listrik dipasok menggunakan mesin genset yang sudah disiapkan.

Peserta disarankan mempersiapkan diri dengan mempelajari bahan seperti perundang-undangan, Pancasila, DPD, DPR, MPR, presiden, BPK, Kementerian Agama dan lainnya. Referensi kisi-kisi soal dan simulasi bisa didapatkan di internet sebagai bahan untuk latihan.

Alang memperingatkan peserta agar tidak terlambat datang karena bagi yang terlambat maka dinyatakan gugur. Peserta juga jangan berharap bisa bekerjasama dengan peserta lain karena setiap komputer peserta akan menampilkan materi soal berbeda-beda meski letaknya berdampingan.

“Materi tesnya langsung dari BKN dan hampir sama dengan tes CPNS. Begitu selesai tes, peserta langsung bisa melihat nilai yang diperolehnya. Jadi ini tidak bisa dicurangi. Nanti yang diumumkan sistem rangking nilai. Selama pelaksanaan tes ini ada tim pengawas dari BKN pusat dua orang dan BKN Regional VIII Banjarmasin dua orang. Ini terkait integritas sehingga pengawas pun tidak main-main,” jelas Alang.

Hasil seleksi tes kemampuan dasar akan diumumkan dengan sistem peringkat tertinggi. Setiap formasi akan diambil dua peserta dengan nilai tertinggi untuk mengikuti tahapan berikutnya, yaitu tes kompetensi bidang dan kesamaptaan oleh masing-masing satuan kerja perangkat daerah yang membuka lowongan formasi.

Tahun ini pemerintah daerah membuka lowongan tenaga kontrak sebanyak 223 formasi. Dari 2.806 pelamar yang mendaftar, setelah dilakukan seleksi administrasi oleh tim yang juga beranggotakan perwakilan masing-masing SKPD terkait, sebanyak 1.789 berkas lamaran yang memenuhi syarat atau MS, sedangkan 1.017 berkas dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS. (ant/ama)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan