Sitename

Description your site...

Menyedihkan, Masih Banyak yang Dipasung di Katingan

Menyedihkan, Masih Banyak yang Dipasung di Katingan
illustrasi

KALAMANTHANA, Palangka Raya – Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, diminta serius dan tak main-main. Sebab, fakta yang muncul adalah kasus pemasungan, fakir miskin, dan narkoba sangat menonjol di sana.

Tingginya angka pemasungan tersebut karena masyarakat di pedesaan Katingan, menurut Kepala Dinas Sosial Kalimantan Tengah, Guntur Talajan, karena masih belum memahami bahwa orang yang kurang waras dapat diobati di rumah sakit jiwa.

“Kita melihat pemasungan ini juga ada kaitannya dengan masih banyaknya masyarakat miskin di Kabupaten Katingan. Ditambah lagi, peredaran narkoba di wilayah setempat belum dapat dihilangkan secara optimal. Jadi, saling keterkaitan tiga kasus ini,” tambahnya.

Menonjolnya tiga kasus itu saat Dinsos mengadakan penyuluhan sosial Program Pembangunan Kesejahteraan Sosial tentang Bebas Pasung dan Anak Jalanan tahun 2017 serta Bebas Lokalisasi dan Prostitusi tahun 2019 di salah satu kecamatan di Kabupaten Katingan.

Meski begitu, Guntur menilai perkembangan di Kabupaten Katingan semakin baik. Apalagi di di Desa Tumbang Manggu ini berdiri HPH PT Dwima sudah 44 tahun dan perusahaan ini sudah cukup membantu masyarakat di sekitarnya, khusususnya terkhusus terkait bidang pertanian, perkebunan dan pendidikan.

“Ada dibangun sekolah di sana oleh yayasan dan itu bagus. Kita berharap mereka juga bergerak ke bidang kesejahteraan sosial dalam program sosial pengentasan kemiskinan. Karena di Katingan kelihatannya masih ada satu desa yang masih dalam kategori KAT (Komunitas Adat Terpencil),” ucapnya.

Dia mengapresiasi respon semua pihak di Kabupaten Katingan yang mendukung sekaligus berperan aktif merealisasikan Program Pembangunan Kesejahteraan Sosial tentang Bebas Pasung dan Anak Jalanan tahun 2017 serta Bebas Lokalisasi dan Prostitusi tahun 2019.

Menurut dia dukungan tersebut terlihat ketika adanya penyuluhan terkait program tersebut turut hadir Dinsos Katingan, Kapolsel, Pendeta, Damang, Kades dan Sekdes se-kecamatan Sanaman Mantikei.

“Kegiatannya kita perkirakan diikuti sekitar 150 peserta yang ikut penyuluhan di Betang Bintang Patendu, Desa Tumbang Manggu Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan. Kita mengapresiasilah dukungan itu,” ujar Guntur. (ant/ama)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan