Sitename

Description your site...

BPS Sosialisasi Sensus Ekonomi di Barito Timur

BPS Sosialisasi Sensus Ekonomi di Barito Timur

KALAMANTHANA, Tamiang Layang – Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barito Timur (Bartim), merupakan salah satu bentuk kampanye BPS kepada masyarakat agar sensus berjalan satu irama, satu pikir dan satu tujuan.

“Sensus ekonomi 2016 merupakan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik Selaras Dengan Program Nawacita Pemerintah ke-6 dan ke-7,” ujar Asisten II Pemerintahan Kabupaten Barito Timur, H. Murjani, dalam sambutannya, pada Senin (25/4/2016) di ruang rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Timur.

Menurutnya, data hasil pelaksanaan Sensus Ekonomi tahun 2016 ini diharapkan mampu memotret daya saing bisnis di Indonesia, pada umumnya dan diwilayah Kabupaten Barito Timur Khususnya, serta menentukan posisi perekonomian di antara negara-negara di kawasan regional dan internasional. Hal ini menjadi penting, mengingat saat ini Indonesia telah memasuki era Masyarakat Ekonomi  ASEAN (MEA) yang harus diantisipasi dan disikapi secara cermat dan cerdas. Dalam konteks ini, data hasil Sensus Ekonomi 2016 menjadi sangat strategis dan krusial.

“Satu hal yang perlu disadari,  bahwa pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 memang BPS, tetapi tanggung jawab untuk menyukseskanya bukan hanya milik BPS, tetapi juga seluruh elemen bangsa ini, karena bangsa Indonesialah yang akan memperoleh hasil dari pekerjaan besar ini. Untuk itu saya berpesan agar seluruh SKPD, Pimpinan Ketua Asosiasi maupun para pelaku usaha di Kabupaten Barito Timur turut mendukung pelaksanaan pendataan lapangan Sensus Ekonomi 2016, yang akan dilaksanakan selama sebulan penuh pada Mei 2016,” katanya.

Dia mengajak seluruh pihak untuk melakukan edukasi kepada masyarakat di sekeliling kita, terutama para pelaku usaha, mengenai manfaat yang bisa diperoleh dari hasil pendataan Sensus Ekonomi 2016 ini. “Kita imbau mereka untuk menerima petugas Sensus Ekonomi 2016 dan memberikan data yang sebenarnya. Kita harus meyakinkan kepada mereka bahwa data yang dibeberkan dijamin kerahasiaannya oleh undang-undang.Data hasil Sensus Ekonomi 2016 akan ditunggu oleh banyak pihak, karena menjadi informasi yang paling lengkap dibidang ekonomi dan manfaat strategis yang diberikan data sensus ekonomi 2016, diantaranya sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional, untuk mengetahui potret daya saing bisnis dan perencanaan investasi di Indonesia, untuk mengetahui besarnya peran usaha skala mikro, kecil menegah dan besar dalam menyerap tenaga kerja dan lainnya,” terangnya. (afa)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan