Sitename

Description your site...

Daerah di Kalbar Ini Terancam Hujan dan Angin Kencang

Daerah di Kalbar Ini Terancam Hujan dan Angin Kencang

KALAMANTHANA, Sungai Raya – Cuaca yang tak bersahabat masih jadi ancaman bagi sebagian wilayah Kalimantan Barat, khususnya di pesisir barat. Diperkirakan akan muncul hujan angin disertai petir dan kilat sepekan ini.

Peringatan itulah yang disuarakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak. Mereka mengimbau masyarakat Kalbar untuk mewaspadai angin kencang yang akan terjadi hingga satu pekan kedepan.

“Dari pantauan cuaca yang kita lakukan, potensi angin kencang akan terjadi di beberapa wilayah Kalbar, terutama untuk wilayah pesisir barat seperti Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Ketapang, Kayong Utara dan Kota Pontianak,” kata Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Mega di Sungai Raya, Minggu (1/5/2016).

Dia menjelaskan, dari pantauannya, dari bulan April sampai pertengahan Mei nanti, beberapa awan konvektif seperti Comulonimbus masih terus mengalami pertumbuhan di sebagian besar wilayah Kalbar yang akan menimbulkan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat merata di seluruh wilayah Kalbar.

Namun, untuk wilayah pesisir barat Kalbar, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut akan disertai oleh angin kencang dengan kecepatan 20 sampai 30 knot. “Hujan disertai angin kencang itu juga akan dibarengi dengan petir dan kilat. Jadi kita mengimbau masyarakat untuk mewaspadai angin kencang tersebut,” tuturnya.

Jika terjadi hujan, lanjut Mega, jangan berteduh dibawah pohon dan jauhi billboard yang ada di tepi jalan. Karena angin kencang yang terjadi dikhawatirkan menumbangkannya. (ant/akm)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan