Sitename

Description your site...

Minggu Depan, Jokowi Lantik Gubernur Kalteng Sugianto-Said?

Minggu Depan, Jokowi Lantik Gubernur Kalteng Sugianto-Said?

KALAMANTHANA, Pekanbaru – Ada kemungkinan, pelantikan Sugianto Sabran-Habib Said Ismail sebagai Gubernur Kalimantan Tengah bakal digelar pekan depan di Jakarta.

Kemungkinan itu muncul setelah ditundanya pelantikan Gubernur Riau yang dijadwalkan berlangsung Rabu (4/5/2016) oleh Presiden Joko Widodo. Penundaan itu terjadi karena belum dijadwalkan.

“Kata Mendagri masih menunggu jadwal dari Presiden untuk pelantikan tersebut. Kemungkinan besar minggu ini tidak bisa karena belum ada dijadwalkan,” ujar Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman di Pekanbaru, Selasa (3/5/2016).

Saat itu pulalah, Noviwaldy mengungkap skenario lain pelantikan gubernur yang masih tertunda. Ada kemungkinan pelantikan Gubernur Riau berbarengan dengan Gubernur Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara.

“Kemungkinan besar, pelantikan Gubernur Riau bersamaan dengan pelantikan Gubernur lainnya, seperti Gubernur Kalimantan (Tengah) dengan Gubernur Sumatera Utara,” tuturnya.

Beda dengan Kalteng di mana gubernurnya adalah hasil pilkada serentak lalu yang tertunda, Gubernur Riau dan Sumut adalah penetapan pengangkatan wakil gubernur menjadi gubernur. Sebab, di kedua daerah tersebut, kedua gubernurnya sedang menjadi terpidana.

Pelantikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menggantikan Gubernur sebelumnya yakni Annas Maamun, yang sudah diberhentikan oleh Presiden RI beberapa waktu lalu dengan Keppres No.49/P/tahun 2016 karena kasus korupsi. Demikian pula di Sumut dengan vonis bersalah yang sudah dijatuhkan pengadilan terhadap Gatot Pujo Nugroho karena kasus suap. (ant/ik)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan