Sitename

Description your site...

Banjir Wisman, 100 Persen Hotel Berbintang Penuh

Banjir Wisman, 100 Persen Hotel Berbintang Penuh

PERGERAKAN Pariwisata di seluruh Indonesia begitu menggeliat dan sangat antusias. Tidak terkecuali di Padang, Sumatera Barat. Kota di pesisir barat Sumatera itu disambangi banyak wisatawan di liburan panjang kenaikan Isa Al Masih dan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, 5 Mei dan 6 Mei 2016.

Buktinya, beberapa hotel berbintang di Padang hampir seluruhnya full booking. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi. Kata Medi, tingkat hunian hotel saat libur panjang ini sangat mengembirakan.

“Dari hasil survey kami , pada beberapa Hotel berbintang yang kami sample untuk tanggal 5 hingga tanggal 8 Mei mendatang mayoritas mencapai 100 persen full booking, Pariwisata kita sangat antusias,”ujar Medi.

Kata Medi, hotel-hotel yang disurvey tersebut dan presentasenya adalah Hotel Mercure 100% penuh, Inna Muara 100%, Pangeran Beach 100%, Grand Zurri 94%, Bumi Minang 100%, Hotel Ibis 100%, Pangeran City 100%, Hayam Wuruk 100%, Axana 100%, Daima 100%, Rocky Hotel 100%, Basko Hotel 98%, Plan B Hotel 100%, Savali Hotel 100%, dan Sriwijaya Hotel 100%.

”Kami sangat menyambut gembira hal ini, karena Padang menjadi salah satu tujuan wisatawan juga untuk berlibur. Kami siap menyambut para wisatawan,” ujarnya.

Sementara itu, hasil pantauan Perhim punan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) wilayah Sumbar, rentang libur tiga hari tersebut, PHRI membenarkan tingkat hunian kamar hotel yang ada di Padang lebih dari 90 persen, bahkan banyak yang mencapai 100 persen.

Ketua PHRI Sumbar, Mau lana Yusran mengatakan, selain adanya wisatawan mancanegara, hal itu terjadi karena wisa tawan domestik dari provinsi tetangga seperti Riau dan Jambi, me­manfaatkan waktu libur untuk berlibur ke Padang.

“Wisatawan paling banyak berlibur ke Padang adalah Riau. Oleh karena itu, tidak hanya hotel di Padang yang penuh. Hal yang sama juga terjadi di hotel yang ada di Bukittinggi dan Padang Panjang,” ujarnya saat dihubungi. Tingginya frekuensi ting kat hunian hotel di Padang, imbuh Maulana, berarti Padang atau Sumbar pada umumnya, masih menjadi daerah tujuan wisata yang diminati oleh wisatawan di Sumatera.

Menurutnya, Sumbar dan Sumatera Utara merupakan dua provinsi yang objek wiatanya paling diminati dan paling banyak dikunjungi di Pulau Sumatera. Namun demikian, sejumlah objek wi sata di Sumbar, perlu dibenahi.

“Hotel membutuhkan banyak even dan acara, seperti even dari pemerintah dan perusahaan swasta yang besar sangat membantu pergerakan wisatawan.Business trip-nya besar istilahnya. Semoga ada lagi even-even pemerintah dan swasta yang terus dilaksanakan di Padang,” tu­turnya.

Di Palembang, Sumatera Selatan, semua hotel bintang lima juga habis dipesan, alias 100 persen full. Hotel Aryaduta, Novotel dan Arista semuanya penuh dalam long week end ini. “Hotel bintang 4 seperti Jayakarta, Aston, Horison, sudah mendekati 80 persen penuh,” kata Irene Camelyn Sinaga, Kadispar Provinsi Sumsel.

Di Jogja sudah sejak Sabtu, 30 April 2016 lalu sudah full book. Banjir wisatawan domestik atau nusantara sudah menggenangi seluruh kamar hotel berbintang di DIY yang mencapai 8.500 kamar, sudah penuh. Dari paparan PHRI DIY, hal ini dipicu rencana wisatawan yang ingin menghabiskan libur panjang mulai 4 – 8 Mei 2016. “Yang tersisa tinggal suite room. Itu pun jumlahnya tidak banyak,” tutur Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istijab M. Danunagoro. (*)

Tags: , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan