Sitename

Description your site...

Barut Siap Gelar Pilkades Serentak di 74 Desa

Barut Siap Gelar Pilkades Serentak di 74 Desa

KALAMANTHANA, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah akan menggelar pemilihan kepala desa serentak di 74 desa dan sembilah kecamatan, yang dijadwalkan berlangsung pada 25 Mei 2016.

“Kita siap menggelar pemilihan kepala desa serentak pada Rabu (25/5) nanti,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Barito Utara Arbaidi di Muara Teweh, Sabtu (7/5/2016).

Saat ini sudah dilakukan lelang pencetakan kartu surat suara dan kini sedang dalam proses pencetakan melalui tim pengadaan barang dan jasa pemerintah Kabupaten Barito Utara. Sementara jumlah daftar tetap (DPT) pilkades telah diserahkan pihak panitia pemilihan kepala desa masing-masing desa.

“Pada prinsipnya kita siap melaksanakan pilkades serentak ini dan sambil menunggu proses pencetakan surat suara selesai dilakukan,” katanya tanpa merinci berapa jumlah DPT pilkades tersebut.

Arbaidi menjelaskan semua tahapan dalam penyelenggaraan pilkades serentak itu sudah dilakukan termasuk seleksi calon kepala desa yang jumlah pendaftarnya lebih dari lima calon tersebar di delapan desa yang diikuti 55 orang pada bulan lalu.

Desa yang calon kadesnya lebih dari lima orang yaitu untuk Kecamatan Teweh Baru, yaitu Desa Malawaken dan Hajak, masing-masing delapan calon dan Desa Sabuh enam calon.

Kecamatan Gunung Timang, yakni Desa Rarawa tujuh calon, Desa Majangkan enam calon dan Baturaya II enam calon dan untuk Kecamatan Lahei, yaitu Desa Ipu enam calon dan Kecamatan Teweh Selatan, yakni Desa Bintang Ninggi delapan calon.

“Tes seleksi ini sesuai Undang-undang No.6/2014 tentang Desa, dan Perda No.3/2015 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan, Pengangkatan Kades dan Perangkat Desa, bahwa setiap desa untuk calon kades maksimal lima orang. Jika lebih dari lima orang, maka harus ada yang digugurkan dengan cara dilakukan tes seleksi calon kepala desa,” jelas dia. (ant/ik)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan