Sitename

Description your site...

HMI-Kahmi Kalbar: Saut Situmorang Tak Mengerti Sejarah

HMI-Kahmi Kalbar: Saut Situmorang Tak Mengerti Sejarah
Saut Situmorang

KALAMANTHANA, Pontianak – Arus besar protes terhadap Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, menjalar juga ke Kalimantan Barat. Puluhan Kader HMI dan Kahmi menggelar aksi keprihatinan atas pernyataan Saut yang mengatakan kader HMI setelah menjadi alumni korup.

“LK 1 bentuk kader umat dan bangsa ke-Islaman dan ke-Indonesiaan, HMI membangun Indonesia dari semua lini. Saut Situmorang wajib meminta maaf,” ujar Ketua Cabang HMI Pontianak, Fazlurrahman Lubis di Pontianak, Minggu (8/5/2016).

Dalam orasinya Fazlurrahman mengatakan Saut telah mencemarkan nama baik HMI dengan pernyataannya yang dilontarkan di media yang menyatakan kader HMI sewaktu menjadi mahasiswa cerdas intelektual, kalau HMI itu LK 1, tetapi kalau sudah alumni korup dan sangat jahat.

“Dengan kondisi yang ada, kami menuntut agar Saut meminta maaf kepada HMI secara langsung maupun melalui media secara berturut-turut selama lima hari,” tegasnya.

Disampaikannya pula, Saut merupakan satu di antara tokoh pimpinan di negeri ini, namun pihaknya menyayangkan tidak mengerti akan sejarah. Menurutnya telah banyak kader HMI yang dilahirkan untuk membangun bangsa Indonesia serta banyak kader HMI yang melawan para koruptor.

“Perlu diketahui sejak 1947 HMI sudah bersama-sama angkat senjata bersama TNI mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan tahun 1960-an Presiden Soekarno saja bilang dia tidak akan membubarkan HMI kecuali langkahi mayat dia. Beliau juga mengatakan HMI itu adalah organisasi progresif dan revolusioner. Jenderal Sudirman juga mengatakan HMI bukan sekadar himpunan mahasiswa Islam tapi HMI merupakan harapan masyarakat Indonesia,” katanya.

Sementara itu pengurus Kahmi Kalbar yang juga saat ini sebagai Rektor IAIN Pontianak, Hamka Siregar dalam orasinya menyatakan dirinya tidak setuju dengan pernyataan yang diucapkan Saut Situmorang di media bahwa kader HMI sebagai orang yang korupsi.

“HMI telah banyak melahirkan kader yang militan yang berjuang dalam menegakkan bangsa dan negara ini. Jangan generalisasi HMI-nya,” jelas Hamka dengan suara lantang. (ant/akm)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan