Sitename

Description your site...

Waduh, Enam Titik Panas Muncul di Kotawaringin Timur

Waduh, Enam Titik Panas Muncul di Kotawaringin Timur

KALAMANTHANA, Sampit – Titik panas mulai muncul di Bumi Tambun Bungai. Terbanyak di Kabupaten Kotawaringin Timur. Di sini, diketahui terdapat enam titik panas.

Enam titik panas itu muncul berdasarkan pantauan satelit pada Minggu (8/5/2016) pagi. “Kemungkinan masih ada masyarakat yang tidak paham tentang larangan pemerintah untuk tidak membakar lahan. Berdasarkan laporan, koordinat yang disampaikan BMKG itu benar di situ ada terjadinya lahan yang terbakar setelah dicek lokasi oleh satgas,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Bandara Haji Asan Sampit, Yulida Warni di Sampit, Minggu.

Hasil pantauan satelit pada pukul 05:53 WIB, titik panas itu terpantau masing-masing satu titik di Kecamatan Antang Kalang, Cempaga Hulu dan Telawang, serta tiga titik di Kotabesi. Dari data terlihat, titik panas itu terpantau sejak kemarin sehingga diduga kuat memang terjadi kebakaran lahan.

Hasil pemetaan titik koordinat, lokasi kebakaran yaitu di Desa Simpur Kecamatan Kotabesi. Tim beranggotakan belasan orang terdiri dari anggota TNI, Polri, pegawai kecamatan, Manggala Agni dan tim serbu api. Diperkirakan membutuhkan waktu sekitar tiga jam melalui jalur sungai untuk mencapai lokasi.

Di Kecamatan Antang Kalang titik panas terpantau di Desa Batu Agung. Tim beranggotakan TNI, Polri dan masyarakat juga sudah diterjunkan ke lokasi yang berjarak sekitar 40 kilometer dari permukiman dengan menggunakan sepeda motor.

Titik panas di Kecamatan Cempaga Hulu berada di Desa Pundu. Sedangkan titik panas di Kecamatan Telawang berada di Desa Biru Maju. Tim gabungan juga telah diterjunkan ke lokasi-lokasi terpantaunya titik panas tersebut. (ant/akm)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan