Sitename

Description your site...

Ini yang Bikin Ibu Hamil di Batola Tak Risau Lagi

Ini yang Bikin Ibu Hamil di Batola Tak Risau Lagi
Ilustrasi

KALAMANTHANA, Banjarmasin – Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, menyediakan rumah tunggu bagi ibu hamil yang ingin melahirkan agar dapat diberikan pelayanan kesehatan oleh pemerintah kabupaten setempat.

“Ada enam unit rumah tunggu kelahiran yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Batola,” kata Wakil Bupati Batola Ma’mun Kaderi di Marabahan, Selasa (10/5/2016).

Ia mengatakan, program rumah tunggu kelahiran itu digagas oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Batola, dengan tujuan mendekatkan akses kesehatan untuk ibu melahirkan dan pasca melahirkan.

Selain itu, untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya keterlambatan penanganan terhadap ibu dan anak pada saat proses melahirkan.

Dikatakannya, program rumah tunggu kelahiran itu merupakan upaya untuk menekan dan menurunkan kasus komplikasi yang bisa berakibat fatal pada ibu hamil, ibu bersalin, nifas dan bayi baru lahir.

“Yang jelas program ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi,” ujarnya orang nomor dua di Kabupaten Batola itu.

Ma’mun berharap program rumah tunggu kelahiran hendaknya dapat disosialisasikan secara luas kepada masyarakat, khususnya di wilayah yang telah ditetapkan sebagai lokasi diadakannya rumah tunggu tersebut.

“Semoga ke depanya tidak ada lagi keluhan masyarakat, khususnya ibu hamil yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan dan persalinan yang memadai di kabupaten ini,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batola Sugianoor di Marabahan, mengatakan saat ini rumah tunggu kelahiran berjumlah enam unit rumah dan ditempatkan di beberapa kecamatan.

Untuk satu unit rumah tunggu kelahiran berlokasi di Kecamatan Marabahan, satu unit di Kecamatan Alalak, satu unit di Kecamatan Tabukan, satu unit di Kecamatan Anjir Pasar, satu unit di Kecamatan Anjir Muara dan satu unit lagi di Kecamatan Tabunganen.

“Semoga dengan adanya rumah tunggu kelahiran yang ada di beberapa kecamatan di Kabupaten Batola, pelayanan kesehatan terhadap ibu melahirkan dan pasca melahirkan dapat diberikan secara maksimal,” ujarnya. (ant/akm)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan