Sitename

Description your site...

Inilah Agenda Kalteng Memasuki Usia 59 Tahun

Inilah Agenda Kalteng Memasuki Usia 59 Tahun

KALAMANTHANA, Palangka Raya – Kalimantan Tengah akan memasuki usia ke-59 tahun. Peringatan hari jadi itu diawali dengan operasi katarak, pembuatan 2.000 sumur bor, dan kerja bakti di sejumlah tempat.

Sekretaris Daerah Pemprov Kalteng Siun Jarias di Palangka Raya, Selasa (10/5/2016) mengatakan operasi katarak yang diikuti sebanyak 175 orang telah dilaksanakan pada 24-29 April 2016 di RSUD Mas Amsyur Kasongan Kabupaten Katingan, RSUD Jaraga Sasameh Buntok Kabupaten Barito Selatan, RSUD Dr H Soemarmo Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas dan RSUD Muara Teweh Kabupaten Barito Utara.

“Sedangkan kerja bakti telah dilaksanakan pada 29 April 2016 dan akan kembali dilaksanakan pada 13 Mei maupun 20 Mei 2016 di empat lokasi, yaitu Taman Makam Pahlawan, seputar Tugu Soekarno, seputar Pasar Besar dan Pasar Kahayan. Kegiatan ini diikuti seluruh ASN di lingkungan Pemprov Kalteng,” ucapnya.

Pemprov Kalteng pada 10 Mei 2016 juga menyelenggarakan donor darah, serta operasi celah bibir dan langit-langit (bibir sumbing) secara gratis pada 13-15 Mei 2016 di RSUD Doris Silvanus Palangka Raya.

Siun mengatakan untuk festival Budaya Isen Mulang akan dimulai pada 18-23 Mei 2016. Festival tersebut diawali dengan Carnaval Budaya di Bundaran Besar Palangka Raya dan akan diikuti seluruh Kabupaten/Kota se-Kalteng, paguyuban-paguyuban yang ada di Kalteng serta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kalteng.

“Festival Budaya Isen Mulang juga akan diisi pertandingan seni dan buya Kalteng, antara lain, pemilihan Putra/putri pariwisata Kalteng, lomba masakan tradisional, fotografi, Balogo, Manewung, Manetek dan Manyila Kayu, karungut, sepak sawut Apui dan Besei Kambe,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Sekda Kalteng, festival Budaya Isen Mulang juga akan diisi perlombaan Jukung (perahu) tradisional, Jukung hias, Mangenta, Mamalang, Lawang Sakepeng, Habayang, tari pedalaman dan tari pesisir dari seluruh Kabupaten/Kota se-Kalteng.

HUT Kalteng juga akan dirangkai dengan Pameran Kalteng Quality Expo 2016 yang akan dilaksanakan dari 19-24 Mei 2016 dan diisi berbagai perlombaan, seperti menyanyam rotan, membuat cinderamata khas Kalteng, cipta menu masakan khas Kalteng, lomba mewarnai, lomba model dan pemilihan Miss Shopie 2016 serta performa dari artis ibukota.

“Kita juga mengadakan hiburan rakyat bagi masyarakat Kalteng pada 23 Mei 2016 yang berpusat di Arena Pameran Temanggung Tilung kota Palangka Raya. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan dalam memeringati Hut Kalteng. Kami berharap masyarakat ikut berpartisipasi,” tambah Siun. (ant/akm)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan