Sitename

Description your site...

Seberapa Serius Polres Nunukan Tangani Pencurian Kayu Hutan Lindung?

Seberapa Serius Polres Nunukan Tangani Pencurian Kayu Hutan Lindung?
ilustrasi

KALAMANTHANA, Nunukan – Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) menyesalkan kepolisian yang mendiamkan seluruh laporan tentang temuan pencurian kayu di kawasan hutan lindung daerah itu.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Nunukan, Yopie F Wowor di Nunukan, Selasa (10/5/2016) menyatakan, pihaknya telah beberapa kali menemukan pengangkutan kayu oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab namun laporan yang diberikan tidak pernah ditindaklanjuti.

Ia mengatakan, warga yang mengangkut kayu-kayu yang telah diolah dalam bentuk papan dan balok itu bahkan berusaha melawan petugas polisi kehutanan (polhut) agar tidak dilakukan penangkapan.

“Kami dari Dishutbun (Nunukan) telah seringkali membuat laporan tertulis kepada kepolisian tapi selama ini pula tidak ada yang berlanjut kasusnya,” ujar Yopie.

Yopie menyatakan, setiap menemukan indikasi pencurian kayu di kawasan hutan lindung selalu disertai dengan laporan tertulis sebagaimana permintaan Polres Nunukan sendiri. Namun laporan yang dibuat dan telah diserahkan kepada Polres Nunukan belum ada yang ditindaklanjuti kasusnya hingga penyidikan bahkan terkesan tindakan perambahan hutan lindung yang telah berlangsung lama ini ada pembiaran aparat kepolisian setempat.

Kepala Dishutbun Kabupaten Nunukan menegaskan pula jajarannya tidak berani bertindak tegas atas temuan pencurian kayu tersebut karena berkaitan dengan keselamatannya.

Malahan Dishutbun Kabupaten Nunukan menilai aparat Polres Nunukan terkesan sengaja membuat upaya pelaporan berbelit-belit dengan meminta barang bukti didatangkan di Mapolres setempat.

Sementara aturannya, barang bukti harus dimusnahkan di lokasi penemuan dan proses hukumnya menjadi kewenangan aparat kepolisian, tetapi hal itu tidak dapat dilakukan akibat adanya indikasi konspirasi terhadap kasus yang sama.

Pantauan dan sejumlah informasi yang dihimpun dari masyarakat di kawasan hutan lindung Jalan Persemaian Kelurahan Nunukan Tengah Kabupaten Nunukan ini pencurian kayu terus berlangsung karena dibekingi aparat kepolisian setempat. (ant/ik)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan