Sitename

Description your site...

Lilin untuk Yuyun Menyala di Tepian Sungai Mahakam

Lilin untuk Yuyun Menyala di Tepian Sungai Mahakam
ilustrasi

KALAMANTHANA, Samarinda – Kisah tragis Yuyun mengundang simpati seantero negeri. Termasuk di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Ratusan warga menggelar aksi simpatik untuk siswi SMP di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, yang jadi korban pemerkosaan dan pembunuhan itu.

Aksi ratusan warga yang sebagian besar anak muda dari berbagai komunitas yang mengatasnamakan “Gerakan Save Our Sister” (SOS) itu berlangsung di tepian Sungai Mahakam, Jalan Gajah Mada Samarinda.

Dengan mengenakan pakaian putih, mereka berkumpul. Ratusan warga itu menyalakan lilin serta memanjatkan doa bersama untuk korban.

Linda (23), salah satu peserta aksi, mengatakan aksi menyalakan lilin sebagai bentuk kampanye melawan tindakan kekerasan seksual terhadap Yuyun, serta anak-anak dan perempuan lainnya.

Ia juga menyesalkan vonis 10 dan 15 tahun penjara bagi pelaku pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Yuyun yang dianggap ringan dan tidak memberikan efek jera terhadap para pelaku.

“Vonis 10 tahun terhadap pelaku itu sangat tidak adil dan itu tidak memberikan efek jera. Hukuman kebiri lebih pantas untuk para pelaku biadab tersebut,” katanya.

Sementara itu, Nia (24), peserta lain yang hadir dalam aksi tersebut berharap para orang tua selalu memerhatikan anak dan memberikan pendidikan moral yang baik dalam mendidik anak. Ia juga berharap pemerintah selalu melakukan pengawasan dan penyuluhan untuk anak di bawah umur dan orang dewasa.

“Kejadian yang menimpa Yuyun menjadi pelajaran bagi orang tua agar memberikan pendidikan moral kepada anak-anaknya,” ujarnya.

Koordinator aksi SOS, Mey Christy menambahkan peristiwa yang menimpa Yuyun merupakan bencana nasional, karena menjadi kasus pemerkosaan paling biadab yang pernah terjadi di Indonesia.

“Saya pikir Indonesia darurat kekerasan seksual, karena banyaknya korban seksual yang melibatkan anak di bawah umur di beberapa daerah,” katanya. (ant/akm)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan