Sitename

Description your site...

SD di Barito Utara Ini Tak Selenggarakan UN, Kenapa?

SD di Barito Utara Ini Tak Selenggarakan UN, Kenapa?

KALAMANTHANA, Muara Teweh – Tidak semua Sekolah Dasar di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, akan melaksanakan ujian nasional (UN) 2016. Satu di antara 185 SD di daerah tersebut absen. Apa sebabnya?

Ternyata, karena tidak ada murid kelas enam di sekolah tersebut. “Satu SD itu tidak melaksanakan UN karena tidak ada murid kelas VI,” kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Elpi Epanop di Muara Teweh, Sabtu (14/5/2016).

Menurut Elpi, SD yang tidak melaksanakan UN tahun ini yakni SDN Lawarang Kecamatan Gunung Purei. Di SDN Lawarang, tak satupun murid yang duduk di kelas VI.

Tapi, kondisi ini masih lebih baik dibanding tahun lalu. Pada 2015, ada tiga sekolah tidak menggelar UN karena tidak ada siswa kelas VI. “Karena kekurangan murid kelas VI, sejumlah sekolah tahun itu tidak melaksanakan UN,” katanya.

Elpi mengatakan kegiatan UN tahun 2016 akan diikuti 3.030 murid di kabupaten pedalaman Sungai Barito tersebar di 184 sekolah baik dalam kota Muara Teweh maupun sembilan kecamatan lainnya.

Pelaksanaan UN SD tahun ini dilaksanakan pada 16-18 Mei 2016, dengan tiga mata pelajaran yang akan diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Saat ini soal UN mulai didistribusi ke sejumlah sekolah terutama di desa dan kecamatan pedalaman.

“Kita mengharapkan tahun 2016 tingkat kelulusan peserta ujian nasional tingkat SD/MI di Barito Utara dapat mencapai 100 persen,” kata Elpi. (ant/akm)

Tags: , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan