Sitename

Description your site...

Hamdhani Harapkan Target Cetak Sawah Baru Tercapai

Hamdhani Harapkan Target Cetak Sawah Baru Tercapai

KALAMANTHANA, Buntok – Anggota Komisi IV DPR-RI, Hamdhani, mengharapkan program cetak sawah baru yang dilaksanakan oleh Dandim 1012/BTK di Barito Selatan (Barsel), akan tercapai sesuai target.

Hal tersebut diungkapkan, Hamdani saat melaksanakan rerses atau kunjungan kerja dengan Dandim 1012/BTK beserta jajarannya,diaula Makodim setempat. “Cetak sawah di Barsel hampir 2.000 hektar lebih dan target harus tercapai pada tahun 2017-2018 mendatang,” kata Hamdhani kepada KALAMANTHANA usai reses.

Dikatakannya, Komisi IV DPR-RI telah mengalokasikan anggaran itu, tinggal bagaimana implementasi pengawasan-pengawasan dan bagaimana tindak lanjut kedepannya. Hal tersebut harus dibarengi dengan, tersier, primer dan sekundernya ditambah dengan penyedian alat-alat alsintannya yang harus dipersiapkan, “Jangan sampai karena hujan masyarakat tidak bisa menanam, karena 2.000 hektar luas lahannnya cukup besar,” ungkapnya.

Terkait dengan kendala lahan yang masih belum tergarapkan karena masih berstatus hutan produksi, masih ada pengecualian kalau berstatus hutan HPK akan dikombinasikan dengan tiga kementerian yakni Kementerian lingkungan Hidup, Pertanian dan Pertanahan.

“Itu masih bisa kita gunakan. Yang penting program ini jalan dulu. Karena target Presiden Jokowi secara nasional pada 2017-2018 bisa tercapai,” jelasnya.

Disinggung kendala yang terjadi di lapangan, ia mengatakan kendala terjadi karena musim berganti. Kendala ini yang harus diantisipasi dengan membuat irigasi.

Untuk Kalteng, program cetak sawah baru ini dari 17 ribu hektar yang sudah dilaksanakan sudah mencapai 30 persen sudah terserap.

Di tempat yang sama Komandan Kodim (Dandim) 1012/BTK, Letkol Inf Tri Aji Sartono mengatakan, program cetak sawah dari 3.500 hektar meliputi Barito Selatan dan Barito Timur yang pelaksanaannya sudah mencapai 30 persen. “Saat ini kegiatan sedang berjalan terus, kita optimis target pada 2017-2018 akan tercapai,” ucapnya.

Pihaknya berkerja sama dengan Dinas Pertanian, baik dengan PPL dilapangan serta dengan mantri tani untuk mempercepat progres kegiatan program cetak sawah ini. Setelah selesai percetakan sawah ini, pihaknya tetap mendampingi untuk melakukan penanaman hingga sampai panen, sehingga masyarakat tetap terbantu dan tujuan akan tercapai. (fik).

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan