Sitename

Description your site...

4.157 Murid SD Banjarbaru Siap UN Hari Ini

4.157 Murid SD Banjarbaru Siap UN Hari Ini

KALAMANTHANA, Banjarbaru – Sebanyak 4.157 murid sekolah dasar, baik negeri maupun swasta di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, siap mengikuti ujian nasional yang akan dilaksanakan 16-18 Mei 2016.

“Seluruh murid SD negeri maupun swasta termasuk Madrasah Tsanawiyah siap ikut ujian,” ujar Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendididikan Banjarbaru, Edy Yuana P di Banjarbaru.

Ia mengatakan, jumlah peserta UN SD sederajat yang akan mengikuti ujian selama tiga hari terdiri dari 3.447 murid SD negeri, 279 dari SD swasta dan 431 murid MI swasta Selain empat ribu lebih murid SD negeri dan swasta termasuk madrasah tsanawiyah, ujian nasional serentak di seluruh Indonesia itu juga diikuti 189 orang peserta ujian paket A.

“Peserta UN sekolah dasar secara keseluruhan sebanyak 4.346 orang terdiri dari 4.157 murid SD negeri dan swasta termasuk tsanawiah ditambah 189 peserta ujian paket A,” ucapnya.

Menurut dia, ribuan peserta UN tingkat sekolah dasar dan sederajat itu sudah siap mengikuti ujian nasional karena telah menjalani ujicoba yang dilakukan sebanyak tiga kali.

Ujicoba dengan materi kisi-kisi soal UN yang pertama digelar oleh Dinas Pendidikan Kalsel dan kedua adalah ujicoba UN yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru.

“Ketiga adalah ujicoba UN yang dilaksanakan masing-masing sekolah sehingga kami optimistis hasil ujian sebenarnya yang diraih seluruh peserta ujian juga bagus,” ujarnya.

Ia menyebutkan, selain tiga kali ujicoba, seluruh murid kelas VI juga diberikan pelajaran tambahan dari guru-guru di setiap sekolah sehingga semakin siap menghadapi ujian.

“Penambahan jam pelajaran yang diberikan sekolah disesuaikan dengan kemampuan dan murid mendapat pengayaan berupa bahan berkaitan dengan materi ujian,” katanya.

Dia mengatakan, UN tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena tidak menjadi penentu bagi kelulusan siswa karena kelulusan diserahkan kepada sekolah masing-masing.

“Hasil UN memang bukan menjadi penentu kelulusan siswa di sekolah, tetapi nilai yang diraih akan digunakan untuk mencapai standar nilai pada jenjang lebih tinggi,” katanya. (ant/ama)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan