Sitename

Description your site...

Hore…Seruyan Segera Miliki Sentra Industri Kecil dan Menengah

Hore…Seruyan Segera Miliki Sentra Industri Kecil dan Menengah

KALAMANTHANA, Kuala Pembuang – Kabar bagus bagi masyarakat Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. Kementerian Perindustrian akan membangun sentra industri kecil dan menengah (IKM) di kabupaten tersebut.

“Seruyan akan mendapatkan bantuan pembangunan sentra IKM dari pemerintah pusat melalui Kemenperin,” kata Sekretaris Daerah Seruyan Haryono di Kuala Pembuang, Selasa (17/5/2016), mengumumkan kabar gembira itu.

Ia mengatakan, rencananya pembangunan Sentra IKM pada 2016 ini akan dilakukan di lahan seluas 9,5 hektare di Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir. “Pada tahap awal, Pemkab sudah menyiapkan lahan seluas lima hektare untuk pembangunan itu,” katanya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Seruyan ini menjelaskan, sentra IKM yang dibangun bertujuan untuk memaksimalkan pengolahan hasil perikanan dan kelautan yang selama ini menjadi salah satu produk unggulan serta banyak digeluti masyarakat pesisir Seruyan.

“Nanti ada dua jenis yang dikembangkan di sentra IKM, yakni produk basah berupa nugget sedangkan produk kering berupa kerupuk serta ikan asin. Kemudian limbahnya juga akan dimanfaatkan sebagai bahan baku pakan ikan,” katanya.

Seruyan selama ini memang dikenal sebagai salah satu sentra industri penganan dari bahan-bahan kelautan di Kalimantan Tengah. Tidaklah mengherankan, produk-produk semacam itu yang jadi andalan mereka, termasuk ketika mengikuti Kalteng Quality Expo 2016 tak lama lagi.

“Kita sudah siapkan produk ungulan berupa hasil olahan berbahan ikan pipih yang selama ini sudah menjadi ciri khas Seruyan seperti kerupuk udang dan amplang,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Seruyan, Laosma Purba, belum lama ini.

Selain produk unggulan berbahan ikan pipih, Seruyan juga akan memperkenalkan berbagai produk yang menjadi khas sejumlah kecamatan di Bumi Gawi Hatantiring di antaranya kerajinan berupa anyaman rotan, produk berbahan pisang kepok, serta gula aren.

“Kita juga akan memamerkan desain batik khas Seruyan dengan motif ikan pipih pada even itu nanti,” katanya. (ant/ama)

Tags: , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan