Sitename

Description your site...

DPRD Kotim Desak Pemkab Lakukan Operasi Pasar

DPRD Kotim Desak Pemkab Lakukan Operasi Pasar

KALAMANTHANA, Sampit – Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, William Novetra mendesak pemerintah daerah melakukan operasi pasar menjelang Ramadan dan hari raya Idul Fitri 2016.

“Operasi pasar sangat perlu dilakukan untuk mengantisipai kenaikan harga bahan kebutuhan pokok yang tidak terkendali. Sekarang saja sudah ada harga bahan kebutuhan pokok yang bergerak naik,” katanya di Sampit, Kamis (26/5/2016).

Salah satu bahan kebutuhan pokok yang saat ini harganya telah naik adalah gula pasir, dari Rp12.000/kg menjadi Rp18.000/kg. Kenaikan harga diperkirakan juga akan terjadi pada sejumlah bahan kebutuhan pokok lainnya, terutama yang dipasok dari daerah lain seperti minyak goreng, beras, tepung terigu, bawang merah, bawang putih dan kebutuhan lainnya.

“Operasi pasar memang tidak sepenuhnya mampu mengendalikan harga di pasaran, namun paling tidak pemerintah mengantisipasinya,” katanya.

Menurut William, perlu campur tangan pemerintah dalam mengendalikan dan mengintervensi harga bahan kebutuhan pokok di pasar daerah itu.

Operasi pasar selain untuk mengendalikan dan mengintervensi harga juga untuk melihat secara langsung ketersediaan bahan kebutuhan pokok yang harganya sering naik setiap menjelang perayaan hari besar keagamaan, seperti ramadhan dan Idul Fitri.

Lebih lanjut William mengatakan, operasi pasar bisa dilakukan dengan menggelar pasar murah di beberapa wilayah kecamatan yang ada di Kotawaringin Timur.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Industri dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Kotawaringin Timur Mudjiono mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk menggelar pasar murah.

“Pasar murah itu rencananya akan kita gelar di tujuh kecamatan di Kotawaringin Timur. Untuk tempat dan waktu belum kita tentukan dan masih dalam pembahasan,” jelas Mudjiono. (ant/akm)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan