Sitename

Description your site...

HSS Fokus Bangun SMP di Daerah Terpencil

HSS Fokus Bangun SMP di Daerah Terpencil

KALAMANTHANA, Kandangan – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan fokus membangun sekolah menengah pertama di daerah terpencil untuk meningkatkan pendidikan anak-anak yang berada jauh dari wilayah perkotaan.

Bupati HSS Achmad Fikry, di Kandangan, Kamis (26/5/2016), mengatakan dengan pembangunan SMP di daerah terpencil itu, diharapkan anak-anak setempat akan bersedia dan lebih mudah untuk melanjutkan pendidikan.

“Selama ini, banyak anak-anak di daerah terpencil itu tidak melanjutkan pendidikan, karena lokasi tempat tinggal mereka yang sangat jauh dari sekolah,” katanya lagi.

Salah satu sekolah yang telah selesai dibangun adalah SMPN 4 Padang Batung yang merupakan SMP di daerah terpencil di Desa Malilingin. “Setelah selesai pembangunan SMPN 4 ini, anak-anak warga sekitar Desa Malilingin wajib melanjutkan pendidikannya ke SMP,” katanya lagi.

Menurut Bupati, sebelumnya warga Malilingin bila ingin menyekolahkan anaknya ke SMP harus ke Desa Malutu. Padahal dari Desa Malilingin ke Desa Malutu harus ditempuh dengan kondisi jalan yang terjal, rusak, dan berbahaya.

Warga mengaku, sangat senang dengan telah diresmikan SMPN 4 ini, salah satunya Aisyah yang sudah mendaftarkan anaknya untuk bersekolah di SMP tersebut.

“Sangat senang adanya SMP di sini, sehingga anak saya tidak perlu jauh-jauh lagi untuk melanjutkan sekolah SMP,” katanya pula.

Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah mengatakan, peresmian SMPN 4 Padang Batung merupakan upaya pemerataan pendidikan bagi seluruh masyarakat HSS, khususnya di daerah terpencil dan sulit dijangkau.

Selain itu, tujuan utama dibangun SMPN 4 Padang Batung ini sebagai upaya untuk meningkatkan daya tampung pendidikan SMP, agar anak-anak dari seluruh lapisan masyarakat memiliki kesamaan kesempatan dalam mengakses pendidikan yang memadai. (ant/akm)

Tags: , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan