Sitename

Description your site...

Bupati Seruyan: Jangan Abaikan Kebutuhan Lansia

Bupati Seruyan: Jangan Abaikan Kebutuhan Lansia

KALAMANTHANA, Kuala Pembuang – Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono mengajak masyarakat di wilayahnya untuk memperhatikan kebutuhan sehari-hari kaum lanjut usia (lansia), baik kebutuhan jasmani maupun rohani.

“Sudah seharusnya kita memberikan makanan, pakaian dan tempat tinggal yang layak, serta memperhatikan berbagai kebutuhan rohani para lansia sebagai bentuk balas jasa terhadap apa yang telah mereka lakukan,” kata Bupati Sudarsono saat Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Kuala Pembuang, Rabu (1/6/2016).

Ia mengakui, saat ini keberadaan para orang tua lansia seringkali terabaikan oleh kaum muda, hal ini salah satunya disebabkan mulai lunturnya nilai-nilai sosial dan moral kebangsaan di masyarakat.

“Padahal menjadikan lansia sejahtera lahir dan batin tentunya bukan hanya tugas dan tanggungjawab instansi pemerintahan, melainkan tanggungjawab masyarakat,” katanya.

Ia menegaskan, keberadaan lansia tidak boleh diabaikan, sebaliknya masyarakat harusnya menghargai dan meneladani orang tua lansia yang telah banyak berjuang demi bangsa dan negara serta daerahnya.

Seperti perjuangan kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peran para lansia, sejarah telah mencatat, pada 29 Mei 1945 ketika dilaksanakan sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dipimpin KRT Radjiman Widodiningrat yang ketika itu sudah tidak muda lagi.

“Walaupun usia beliau sudah sepuh, namun potensi dan semangatnya patut diteladani oleh kita semua sebagai generasi penerus bangsa,” katanya.

Menurut dia, lansia telah melalui kehidupan yang panjang memiliki pengetahuan, pengalaman dan kearifan yang luas, kemudian dapat menjadi sumberdaya yang tidak mudah ditemui dalam suatu kelompok masyarakat, sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal dalam pembangunan nasional.

“Saya merasakan peran lansia tetap penting dalam pembangunan kesejahteraan sosial, para lansia adalah tokoh yang dapat berfungsi sebagai pemelihara nilai dan norma sosial,” katanya.

Sementara, dalam peringatan yang diikuti 190 lansia, dirangkai dengan berbagai kegiatan serta pembagian bingkisan kepada lansia, tujuannya untuk memberikan semangat dan menumbuhkan rasa cinta pada lansia yang ada di Seruyan. (ant/akm)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan