Sitename

Description your site...

11 Siswa Madrasah Ini Pertaruhkan Nama Singkawang

11 Siswa Madrasah Ini Pertaruhkan Nama Singkawang
ilustrasi

KALAMANTHANA, Singkawang – Sebanyak 11 siswa dari berbagai madrasah di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, mengikuti ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi pada bulan Juli 2016.

“Sebelas siswa ini adalah pemenang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Singkawang yang digelar pada 2 Juni 2016. Dalam KSM tingkat kota kemarin, diikuti sebanyak 101 siswa dari berbagai Madrasah di Kota Singkawang,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, H Jawani di Singkawang, Jumat (3/6/2016).

Dari lomba itu, katanya, terpilih 11 siswa sebagai pemenang KSM tingkat Kota Singkawang. Siswa-siswa ini adalah, untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah bidang studi Sains siswa atas nama Haris Adzaki dari MI Al-Ikhlas, bidang studi matematika siswa atas nama Nur Ikhlas Ramadhan dari MI Ushuluddin.

Untuk tingkat MTs, bidang studi biologi siswa atas nama Nur Atikah Alhamni dari MTs Ushuluddin, bidang studi fisika siswa atas nama Zul Aldi Rizki dan bidang studi matematika siswa atas nama Saruni. “Kedua siswa ini berasal dari MTs Negeri Singkawang,” tuturnya.

Sementara untuk tingkat Madrasah Aliyah siswa atas nama Arih Humairo bidang studi biologi, siswa atas nama Wisri pada bidang studi fisika, siswa atas nama Zehrotus Sholehah pada bidang studi Kimia, siswa atas nama Heldawati bidang studi ekonomi.  “Keempat pelajar ini adalah merupakan siswa dari MAN Model Singkawang,” tuturnya.

Sedangkan untuk bidang studi matematika diraih siswa atas nama Juhari dari MA Yasti. Untuk bidang studi geografi diraih siswa atas nama Elga Selvia dari MA Ushuluddin.

Secara keseluruhan, kata Jawani, perhelatan sains ini terdiri atas 11 cabang lomba, antaralain, Matematika dan IPA (MI), Matematika, Fisika serta Biologi (MTs), Geografi, Ekonomi, Matematika, Kimia, Fisika, serta Biologi (MA).

Jawani berharap, Madrasah bukan hanya fokus pada pendidikan bidang agama saja. Tapi, Madrasah juga harus mampu berkembang dengan memberikan tambahan bidang teknologi, sains, dan seni.

“Madrasah harus berkomitmen menunjukkan daya saingnya di kancah nasional, bahkan internasional. Salah satunya adalah melalui ajang KSM ini,” harap Jawani.

Sementara Kasi Pendidikan Islam Kemenag Kota Singkawang, Arnadi Arkan mengatakan, bahwa juara satu dari setiap cabang lomba akan mewakili Kota Singkawang dalam KSM tingkat provinsi pada pertengahan Juli mendatang.

Arnadi berharap, siswa Madrasah di Kota Singkawang bisa melanjutkan prestasi tersebut di tingkat provinsi dan juga nasional. “Melalui KSM ini, kami harap siswa bisa mempromosikan potensi Kota Singkawang di bidang sains hingga tingkat provinsi maupun nasional,” katanya.

Arnadi menambahkan, pada tahun ini KSM tingkat nasional akan dilaksanakan di Pontianak, Kalimantan Barat, pada 23-27 Agustus 2016. (ant/akm)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan