Sitename

Description your site...

Arus Mudik Balikpapan-Penajam Melonjak 30 Persen

Arus Mudik Balikpapan-Penajam Melonjak 30 Persen

KALAMANTHANA, Penajam – PT Angkutan Sungai Danau dan Peyeberangan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memprediksi lonjakan penumpang saat arus mudik maupun balik Idul Fitri 2016 mencapai 30 persen.

“Berdasarkan perhitungan kenaikan jumlah penumpang sama dengan tahun sebelumnya, yakni sekitar 30 persen,” kata Kepala PT ASDP Penajam Paser Utara, Rahmat, saat ditemui di Penajam, Sabtu (11/6/2016).

Lonjakan penumpang yang menggunakan jasa kapal feri penyeberangan diprediksi terjadi pada H-3 (tiga hari sebelum lebaran) dan H+3 atau tiga hari setelah lebaran.

Seperti pada arus mudik dan arus balik Idul Fitri tahun sebelumnya lanjut Rahmat, jumlah penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan feri melonjak mencapai 30 persen dari hari biasa.

“Biasanya tiga hari sebelum lebaran lonjakan penumpang banyak dari arah Balikpapan ke Penajam, sedangkan tiga hari setelah lebaran banyak penumpang dari arah Penajam ke Balikpapan,” katanya.

Selain penumpang, lonjakan juga terjadi pada kendaraan roda dua, yakni sekitar 25 persen dan kendaraan roda empat mencapai berkisar 15 persen.

“Lonjakan itu biasanya didominasi kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat,” ungkap Rahmat.

PT ASDP menurut Rahmat, menyiapkan 16 unit kapal feri untuk sarana transportasi menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran. (ant/akm)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan