Sitename

Description your site...

Di Seruyan, SPAM IKK Sudah Jadi, Tapi Banyak yang Belum Berfungsi

Di Seruyan, SPAM IKK Sudah Jadi, Tapi Banyak yang Belum Berfungsi
ilustrasi

KALAMANTHANA, Kuala Pembuang – Ini temuan politisi Partai Golkar, Norhasan, di sejumlah desa di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. Sudah banyak SPAM IKK yang dibangun, tapi masih belum juga difungsikan. Kesan yang muncul, peralatan penting itu jadi mubazir.

Itulah sebabnya, anggota DPRD Kabupaten Seruyan itu meminta agar Sistem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM IKK) itu segera difungsikan. Pengoperasian SPAM IKK itu, menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga.

Norhasan yang juga Wakil Ketua DPRD Seruyan itu menyebutkan, dari hasil kunjungan ke sejumlah desa, para wakil rakyat menemukan ada banyak SPAM IKK yang sudah dibangun namun hingga saat ini masih belum juga difungsikan sehingga terkesan mubazir.

“Seperti SPAM IKK di Desa Parang Batang, Kecamatan Hanau, belum juga difungsikan, termasuk pula yang SPAM IKK yang ada di Desa Tanjung Hara, Kecamatan Danau Seluluk,” katanya.

Selain mengoperasionalkan, Pemkab juga diminta untuk melakukan pengecekan atau perbaikan terhadap sejumlah SPAM IKK yang sudah berfungsi namun hasilnya belum maksimal sehingga belum mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat dengan baik.

“Seperti SPAM IKK di Desa Asam Baru Kecamatan Danau Seluluk, Desa Pembuang Hulu I dan Pembuang Hulu II Kecamatan Hanau masih belum dapat mengalirkan air secara maksimal ke rumah-rumah,” katanya.

Menurutnya, keberadaan SPAM IKK di Seruyan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di banyak desa yang tidak terjangkau jaringan PDAM.

SPAM IKK sebenarnya juga dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan air bersih pada saat musim kemarau yang hampir terjadi setiap tahun.

“Setiap tahun saat kemarau, banyak warga desa di Seruyan kesulitan mendapatkan air bersih. Oleh karena itu kita minta SPAM IKK yang belum beroperasi agar segera dioperasionalkan sehingga kebutuhan air bersih masyarakat dapat terpenuhi terutama saat kemarau nanti,” katanya. (ant/ama)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan