Sitename

Description your site...

Duh, Keberangkatan 251 Calon Haji Embarkasi Banjarmasin Tertunda

Duh, Keberangkatan 251 Calon Haji Embarkasi Banjarmasin Tertunda

KALAMANTHANA, Banjarmasin – Sejumlah 251 orang calon jamaah haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, harus mengurut dada. Pasalnya, keberangkatan mereka tertunda karena belum melunasi biaya tahap pertama.

Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan 3.050 calon jamaah haji tahun ini. Tapi, hingga batas akhir 10 Juni 2016, sebanyak 251 orang di antaranya belum melunasi biaya tahap pertama.

Kabid Pengelolaan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan Syukeriansyah, Rabu (15/6/2016), mengungkapkan, ada tersisa sebanyak 251 kursi sebab mereka meski sudah terdaftar tetapi tidak melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama dari 29 Mei sampai 10 Juni.

“Karena tidak melunasi BPIH sesuai batas akhir, maka keberangkatan mereka tertunda hingga tahun mendatang,” ujarnya.

Menurut dia, dari kuota haji 3.050 orang ini, dengan kurangnya masih yang melunasi biaya haji tahun ini sebesar Rp37.583.508, maka akan dibuka kembali pelunasan BPIH tahap dua, yakni, 20-30 Juni.

Diungkapkan Syukeriansyah, kriteria yang akan ikut melunasi BPIH tahap kedua dengan kuota 251 ini bagi yang sudah pernah berhaji namun masuk nomor porsi berangkat. “Selain itu ada yang terpisah suami istri, dan para lanjut usia di atas 70 tahun yang diutamakan bisa berangkat tahun ini,” tuturnya.

Bila jumlah yang sudah melunasi sesuai kuota, maka pemeberangkatannya akan dibagi menjadi 11 kelompok terbang (kloter). “Rencananya, jadwal keberangkatan haji daerah kita mulai 9 Agustus,” ujarnya.

Menurut dia, haji dari Embarkasi Banjarmasin tahun ini akan diterbangkan oleh Saudi Arabia Airlines ke Mekkah dan Madinah, dengan pesawat berkapasitas 300 penumpang.

Ia pun berharap, para calon jamaah haji agar bisa menjaga kesehatanm sebab perjalanan menunaikan rukun iman ke-5 ini tidak ringan. “Bagi calon jamaah haji yang sudah dinyatakan berangkat tahun ini agar bisa menjaga kesehatannya, sehingga bisa menjejakkan kaki di Tanah Suci dan pulang dengan selamat membawa haji mabrur,” imbuhnya. (ant/rio)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan