Sitename

Description your site...

Legislator Ini Minta Pemkot Palangka Tindak Swalayan Nakal

Legislator Ini Minta Pemkot Palangka Tindak Swalayan Nakal

KALAMANTHANA, Palangka Raya – Wakil Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Subandi menyesalkan adanya swalayan yang kedapatan menjual produk pangan kadaluarsa.

“Sangat disayangkan di swalayan atau toko moderen masih ditemukan bahan pangan kedaluarsa dipajang di etalase toko,” kata politisi Golkar itu saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (24/6/2016).

Dia meminta pemerintah kota memberi sanksi tegas karena penjualan produk kadaluarsa itu akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan jika dikonsumsi.

Subandi pun juga meminta pemerintah kota dapat melakukan pemantauan secara rutin sehingga kejadian serupa tak akan terulang.

“Seharusnya tidak cukup dengan hanya teguran saja bagi swalayan yang melanggaran aturan itu, tapi harus ada sanksi yang bisa membuat efek jera. Apalagi setiap tahun selalu ditemukan produk pangan kedaluarsa di toko tersebut,” katanya.

Dia mengatakan, saat pihaknya meminta konfirmasi instansi pemerintah kota terkait pengawasan pangan di pasaran, pihak eksekutif selalu beralasan anggaran terbatas sehingga intensitas pemantauan terbatas.

“Seharusnya pemerintah kota melalui dinas kesehatan, diskoperindag beserta BPOM memeriksa secara rutin. Minimal tiga bulan sekali. Jika saat ini tidak ada anggaran untuk itu, maka program kedepan harus mencantumkan anggaran untuk pengawasan pangan di pasaran,” katanya.

Subandi mengimbau masyarakat lebih jeli dan teliti dalam memilih dan membeli produk makanan maupun minuman agar terhindar dari barang yang dapat membahayakan kesehatan.

Sebelumnya, pada Rabu (22/6) Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota serta Balai Pengawasan Obat dan Makanan menemukan makanan dan produk kedaluwarsa serta kemasan rusak tetap dijual di Hypermart dan swalayan Telaga Biru. (ant/rio)

Tags: , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan