Sitename

Description your site...

Nasib KA Puruk Cahu-Batanjung Tergantung Secarik Surat

Nasib KA Puruk Cahu-Batanjung Tergantung Secarik Surat

KALAMANTHANA, Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah periode 2016-2021 Sugianto Sabran telah bertemu dengan Sekretaris Kabinet Kerja Pramono Anung membahas kelanjutan pembangunan kereta api dari Puruk Cahu ke Batanjung melalui Bangkuang sepanjang 425 kilometer.

Asisten II Pemerintah Provinsi Kalteng Syahrin Daulay di Palangka Raya, Selasa mengatakan Gubernur menginginkan kereta api yang menggunakan dana swasta tersebut dapat segera dioperasikan.

“Rencananya, siang ini, kita bersama tim Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Perekonomian akan memaparkan perkembangan pembangunannya kepada Gubernur,” tambahnya.

Pembangunan kereta api Kalteng akan dimulai apabila sudah surat jaminan perubahan kebijakan di pemerintah pusat baru akan memulai pembangunan. Sebab pihak swasta yakni Konsorsium China Rail Way bersama PT Multi Mega Guna Ganda Semesta yang tergabung di PT Perkeretaapian Tambun Bungai telah memastikan hanya membutuhkan surat tersebut.

Syahrin mengatakan, surat tersebut sebenarnya sudah pernah dibuat namun ada beberapa kosa kata yang perlu diperbaiki dan diperhalus bahasanya, sehingga Pemprov Kalteng rutin berkomunikasi dengan Kementerian Perekonomian.

“Setelah surat tersebut selesai dan ditandatangani Kementerian Perekonomian atas nama Presiden Indonesia, maka pembangunan kereta api akan dikerjakan oleh PT Perkeretaapian Tambun Bungai selaku pihak yang terpilih untuk mengerjakannya,” kata Syahrin.

Sebelumnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan pembangunan kereta api dari Puruk Cahu ke Batanjung melalui Bangkuang berperan penting meningkatkan perekonomian, termasuk memperbanyak industri. Dia sangat menginginkan pembangunannya dapat segera dimulai dan beroperasi di Kalteng.

“Kita akan berupaya agar kereta api Puruk Cahu ke Batanjung melalui Bangkuang segera beroperasi,” kata Sugianto. (ant/rio)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan