Sitename

Description your site...

Top…di Bawah Nadalsyah, Dua Kali Barut Dapat WTP

Top…di Bawah Nadalsyah, Dua Kali Barut Dapat WTP

KALAMANTHANA, Palangka Raya – Satu lagi prestasi dibukukan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, di bawah kepemimpinan Nadalsyah. Mereka meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Laporan hasil pemeriksaan BPK-RI diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Tengah, Cornell Syarief Prawiradiningrat, dan diterima langsung Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah di Palangka Raya, Senin.

Tahun sebelumnya, Pemkab Barito Utara juga memperoleh opini WTP. Ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan karena Barut pernah selama empat tahun berturut-turut mendapat hasil buruk, yakni disclaimer (tak bisa memberikan opini).

Opini ini merupakan gebrakan salah satu pemerintah di kabupaten pedalaman Sungai Barito ini sejak dipimpin Nadalsyah.

Bupati Nadalsyah mengatakan, hasil pemeriksaan yang diterima merupakan bentuk petunjuk untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan menjadi lebih baik, terkait pengelolaan keuangan pada masa yang datang.

Sebagai entitas pemeriksaan keuangan Pemkab Barito Utara akan terus berupaya memperbaiki kelemahan dan kekurangan yang menjadi temuan pemeriksaan. “Dalam hal ini termasuk sesegera mungkin menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan tersebut. Ini sesuai dengan rencana aksi tindak lanjut rekomendasi BPK-RI atas laporan keuangan Pemkab Barito Utara,” jelas dia.

Bupati Nadalsyah berharap, dengan semakin baiknya pengelolaan keuangan akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan di Barito Utara.

“Meraih opini WTP kedua kalinya ini adalah tantangan bagi kami untuk mempertahankannya kembali,” kata dia.

Nadalsyah menegaskan, masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan pada pengelolaan keuangan, termasuk pengelolaan aset daerah. Karenanya di berbagai kesempatan, bupati menyerukan agar pengelola keuangan dan jajaran pemerintah daerah bekerja keras memperbaiki dan menata pengelolaan keuangan pada setiap SKPD.

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Tengah, Cornell Syarief Prawiradiningrat menyerahkan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemkab Batara tahun anggaran 2015 di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Kalteng di Palangka Raya.

Penyerahan laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Barito Utara ini diterima Bupati Nadalsyah, dan Wakil Ketua I DPRD Hj Mery Rukaini.

Berdasarkan hasil pemeriksaan laporan keuangan tahun anggaran 2015, BPK RI memberi Opini WTP atas LKPD Pemerintah Kabupaten Barito Utara. BPK mengharapkan pemeriksaan LKPD bertujuan untuk memberikan opini tingkat kewajaran informasi keuangan, yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan, pada kriteria kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). (ant/rio)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan