Sitename

Description your site...

Bersiaplah, Kapuas Hulu Bakal Rekrut Guru Honorer Kontrak

Bersiaplah, Kapuas Hulu Bakal Rekrut Guru Honorer Kontrak
Ilustrasi

KALAMANTHANA, Putussibau – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, rencananya akan melakukan rekrutmen guru honor kontrak dalam memenuhi kekurangan tenaga pendidik, terutama untuk daerah pelosok di wilayah Kapuas Hulu.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi di Putussibau, Sabtu, menjelaskan saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan jumlah kekurangan guru Kapuas Hulu.

“Ratusan guru beberapa tahun terakhir sudah pensiun, kondisi itu mengakibatkan Kapuas Hulu kekurangan guru, sehingga untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah Daerah akan mengangkat guru honor kontrak,” kata Kusnadi.

Ia menjelaskan dalam perekrutan guru honor kontrak tersebut akan dilakukan secara terbuka oleh tim yang dibentuk, untuk menghindari kecurangan – kecurangan dalam penerimaan guru honor kontrak. Meskipun demikian, Kusnadi menuturkan guru honor kontrak itu nantinya tetap akan mengutamakan potensi putra daerah terutama bagi daerah – daerah pelosok.

“Tentu saja akan melihat potensi putra daerah agar betah melaksanakan tugas di tempatnya sendiri, sebab banyak juga sarjana – sarjana pendidikan yang berasal dari daerah,” ucap Kusnadi.

Dia menjelaskan, para guru honor kontrak yang akan diangkat tersebut nantinya akan dibiayai oleh Pemerintah Daerah sesuai ketentuan yang berlaku. Menurutnya, Selama ini lebih banyak tenaga honor yang terdapat di sejumlah instansi, padahal yang sangat kekurangan tenaga pendidikan, sehingga kebijakan Pemerintah ke depan tenaga kontrak yang terdapat di instansi akan di berhentikan.

“Banyak tenaga honor di instansi pemerintahan justru tidak ada fungsinya, informasi yang kami terima pemberhentian tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kapuas Hulu dilakukan pada 31 Desember 2016, jika pun ada penerimaan tenaga kontrak sesuai dengan kebutuhan,” jelas Kusnadi.

Sedangkan untuk perekrutan guru honor kontrak, menurut Kusnadi belum diketahui pelaksanaannya, sebab saat ini sedang dilakukan pendataan.

“Untuk perekrutan guru honor kontrak kita belum mengetahui kapan pelaksanannya, namun yang jelas Pemerintah Daerah akan berupaya mengatasi kekurangan guru di wilayah kapuas Hulu melalui pengangkatan guru honor kontrak tersebut,” ujarnya. (ant/rio)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan