Sitename

Description your site...

Bakar Lahan, Warga Pulang Pisau Diserahkan ke Babinkamtibmas Polri

Bakar Lahan, Warga Pulang Pisau Diserahkan ke Babinkamtibmas Polri

KALAMANTHANA, Jakarta – Seorang warga Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, diserahkan kepada Babinkamtibmas Polri. Dia diduga melakukan pembakaran lahan pada saat Lebaran lalu.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dalam keterangan persnya tidak menyebutkan nama warga tersebut. Hanya disebutkan warga tersebut berasal dari Desa Kumpai Batu Atas, Pulang Pisau.

Apa dugaan kesalahan yang dilakukan warga tersebut? Menteri Siti Nurbaya menyebutkan warga pemilik lahan tersebut diduga membakar lahan sehingga api meluas. Areal yang terbakar tersebut merupakan lahan yang baru dibuka dengan alat berat di mana tumpukan kayu dan ranting sengaja dibakar hingga meluas ke area 50 hingga 100 hektare.

Menurut Menteri Nurbaya, selama lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah, Satgas Karhutla terus melakukan berbagai upaya pemadaman, termasuk di kawasan yang masuk Banama Tingang, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau itu. Pemadaman dilakukan oleh Manggala Agni bersama TNI dan Polri.

Di kabupaten yang sama juga dilakukan pemadaman di lahan seluasa sekitar 20 hektare milik warga yang terbakar. Api berhasil dipadamkan di dua titik dengan tiga mesin pompa.

Menteri Nurbaya menambahkan, hingga saat ini terdapat 35 titik api (hotspot) di seluruh Tanah Air. “Alhamdulillah tahun ini masyarakat bisa berlebaran tanpa asap. Kita terus waspada dan melakukan berbagai langkah antisipasi karhutla,” kata Nurbaya di Jakarta, Minggu.

Sebanyak 35 titik api tersebut terdata pada Sabtu (9/7). Ada pun total hotspot periode 1 Januari-9 Juli 2016 berdasarkan data Satelit NOAA tercatat 1.043 titik. Dibandingkan periode yang sama pada 2015 terjadi penurunan sebanyak 2.121 titik atau 67,03 persen.

Sedangkan menurut Satelit Terra/Aqua terdapat sebanyak 1.868 titik pada 2016, dibandingkan periode yang sama pada 2015 mengalami penurunan 329 titik atau 14,97 persen.

Selain di Pulang Pisau, sembilan titik api juga terdeteksi di Riau. Tim KLHK dan pemda setempat melalui pantau udara menemukan spot api di delapan titik terdiri dari dua titik di Taman Nasional Tesso Nilo dan enam titik di Kabupaten Indragiri Hilir. Pemadaman dilakukan dengan menggunakan helikopter BNPB berlangsung hingga Sabtu sore.

Titik api juga terdeteksi di Jambi tepatnya di Kabupaten Tebo yaitu di areal konsesi. Saat ini pelaku pembakaran dalam pemeriksaan intensif polres setempat. (ant/rio)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan