Sitename

Description your site...

Sudarsono Panen Raya Padi di Persil Raya

Sudarsono Panen Raya Padi di Persil Raya

KALAMANTHANA, Kuala Pembuang – Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono melakukan panen raya padi bersama dengan kelompok tani di Desa Persil Raya Kecamatan Seruyan Hilir, Selasa (12/7/2016).

Bupati mengatakan, pemerintah akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan petani untuk mendorong peningkatan produktivitas pertanian padi di wilayah Seruyan.

“Kalau ada petani yang merasa kurang dan membutuhkan bantuan untuk pertaniannya segera sampaikan agar dapat segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait,” kata Sudarsono.

Ia menjelaskan, secara historis, saat masih menjadi bagian dari Kabupaten Kotawaringin Timur, daerah Seruyan dikenal sebagai salah satu lumbung padi di Kalteng. Bahkan para petani di sentra pertanian padi seperti Desa Persil Raya pernah menjual hasil panennya hingga ke Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten sangat bersemangat untuk mewujudkan program swasembada pangan serta mengembalikan Seruyan sebagai salah satu lumbung padi di Kalteng.

Selama ini berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mendorong produktivitas pertanian seperti membangun jalan usaha tani, memberikan bantuan benih padi unggul, alat-alat dan mesin pertanian melalui APBN, APBD provinsi maupun APBD Kabupaten.

“Meski demikian kita berharap para petani tidak selalu bergantung dengan pemerintah agar petani bisa mandiri, namun di satu sisi kita juga tidak akan tinggal diam apabila petani menghadapi kesulitan,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Seruyan Sugian Noor menyebutkan, sawah yang digarap petani di Desa Persil Raya seluas 700 hektar, dan setiap hektar mampu menghasilkan gabah panen sebanyak tiga ton dari jenis padi Siam Epang.

“Pada musim panen ini Desa Persil Raya sudah menghasilkan 2.100 ton gabah, kemudian jika dikonversi sebesar 70 persen menjadi beras, maka Desa Persil Raya sudah punya stok beras sebanyak 1.470 ton,” katanya.

Panen raya padi tersebut dihadiri Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD), Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), serta sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) daerah itu. (ant/rio)

Tags: , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan