Sitename

Description your site...

Jamaah Haji Kotim, ke Madinah Dulu Baru ke Mekkah

Jamaah Haji Kotim, ke Madinah Dulu Baru ke Mekkah

KALAMANTHANA, Sampit – Calon haji asal Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 21 Agustus mendatang. Mereka masuk gelombang pertama sehingga menuju Madinah dulu sebelum ke Mekkah.

“Sudah ada rapat kerja se-Kalimantan Tengah tentang pembagian kloter (kelompok terbang). Informasi sementara, jamaah calon haji dari Kotawaringin Timur masuk kloter 13 yang diberangkatkan pada 21 Agustus,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur, Samsudin saat pembukaan manasik haji di Sampit, Senin (18/7/2016).

Jumlah calon haji asal Kotawaringin Timur yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 146 orang. Terdiri dari 65 laki-laki dan 81 perempuan. Mereka rata-rata masuk daftar tunggu selama tujuh tahun hingga mendapat giliran diberangkatkan.

Dari jumlah tersebut, terdapat 13 orang calon haji yang berusia lanjut dan tujuh orang pendamping. Awalnya ada 15 kuota calon haji berusia lanjut, namun hanya 13 orang yang melunasi biaya haji. Selain itu juga ada empat orang cadangan yang sebelumnya diusulkan dan ternyata disetujui oleh pemerintah.

“Tahun lalu hanya 128 orang. Tahun ini ada peningkatan. Kita masih ikut kuota provinsi, jadi kadang bisa turun, tapi bisa juga bertambah. Seperti tahun ini ada 1.080 kursi kuota untuk Kalteng, kemudian dilihat berapa banyak calon haji kita yang nomor daftar tunggunya masuk di sana,” jelas Samsudin.

Ada tiga pembimbing haji yang akan mendampingi jemaah yakni Ketua Majelis Ulama Indonesia Kotawaringin Timur KH Abdul Hadi Riduan, H Aceng dan Mudlofar. Tahun lalu jemaah calon haji Kotawaringin Timur masuk pemberangkatan gelombang ke dua, sedangkan tahun ini masuk gelombang pertama sehingga menuju Madinah terlebih dahulu, kemudian ke Mekah. (ant/rio)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan