Sitename

Description your site...

Apa Maksud Malaysia Obral Kartu Identitas untuk Warga Lumbis Ogong?

Apa Maksud Malaysia Obral Kartu Identitas untuk Warga Lumbis Ogong?

KALAMANTHANA, Nunukan – Masyarakat Indonesia di Kecamatan Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara terus diberikan identitas kependudukan (identity card) oleh pemerintah Malaysia. Apa maksud mereka?

Ketua Pemuda Penjaga Perbatasan Kabupaten Nunukan, Lumbis di Nunukan, Senin malam, mengatakan penerbitan identity card Malaysia masih terus berlangsung dengan memobilisasi masyarakat di kecamatan itu untuk mendaftarkan diri di wilayah Tenom dan Keningau Negeri Sabah.

“Penerbitan IC Malaysia bagi masyarakat di Kecamatan Lumbis Ogong masih terus berlangsung sampai sekarang dengan memobilisasi menggunakan perahu masuk wilayah Tenom dan Keningau,” katanya.

Ia menceritakan pada 13 Juli 2016 menemukan empat perahu yang diperkirakan mencapai puluhan orang diangkut menuju wilayah Negeri Sabah untuk mendaftarkan diri mendapatkan IC Malaysia.

Sesuai keterangan warga setempat, kata dia, mereka sengaja dimobilisasi dengan berbagai iming-iming yang sangat menjanjikan apabila memiliki identitas kependudukan (Malaysia) tersebut di antaranya kemudahan mendapatkan pekerjaan tetap, bantuan keuangan hingga pembagian kebutuhan pokok.

Lumbis mengatakan, informasi yang diperoleh ratusan warga yang diangkut menggunakan perahu itu akan melakukan perekaman (gambar diri) pada 23 Agustus 2016 maka dipastikan menjadi warga negara Malaysia.

Menurut dia, setelah mendapatkan IC Malaysia tersebut maka masyarakat Kecamatan Lumbis Ogong akan semakin bertambah menjadi warga negara itu pada akhirnya bantuan-bantuan dari pemerintah Malaysia masuk ke daerah itu akan semakin mudah.

Ia memprediksi langkah yang dilakukan pemerintah Malaysia sangat jitu untuk menarik simpati dari masyarakat setempat yang mana pada suatu waktu dimanfaatkan untuk menguasai wilayah NKRI.

“Upaya yang dilakukan pemerintah Malaysia dengan memberikan identitas kependudukan bagi masyarakat Kecamatan Lumbis Ogong menjadi salah satu kiat untuk menarik simpati supaya suatu waktu dijadikan senjata untuk menguasai wilayah NKRI,” katanya.

Selain itu, penerbitan atau pemberian identitas kependudukan (Malaysia) terkait dengan kepentingan politik salah satu partai politik yang tergabung dalam Barisan Nasional (BN) Malaysia untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat Indonesia di wilayah perbatasan. (ant/rio)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan