Sitename

Description your site...

Kantong Kemiskinan Tertinggi di Kalimantan Ternyata di Provinsi Ini…

Kantong Kemiskinan Tertinggi di Kalimantan Ternyata di Provinsi Ini…

KALAMANTHANA, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melansir data tingkat kemiskinan provinsi di seluruh Indonesia. Di Kalimantan, kantong kemiskinan tertinggi ada di Kalimantan Barat, sementara yang terendah di Kalimantan Selatan.

Dari data-data yang dilansir tersebut, provinsi-provinsi di Kalimantan sebenarnya berada pada posisi yang memiliki prosentase kemiskinan rendah di Indonesia. Tak satupun provinsi di Kalimantan yang berada pada 10 besar sebagai daerah pemilik kantong kemiskinan tertinggi.

Kalimantan Barat sebagai provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Kalimantan, hanya berada di peringkat ke-23 secara nasional. Ada sekitar 7,87 persen warga Kalbar yang masuk dalam kategori warga miskin.

Setelah Kalbar baru kemudian menyusul Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur, daerah yang sebenarnya kaya dengan sumber daya alam melimpah. Prosentase kemiskinan di Kaltara mencapai 6,33 persen, sementara Kaltim 6,11 persen.

Dua provinsi dengan prosentase kemiskinan terendah di Kalimantan adalah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Kalteng hanya memiliki 5,66 persen warga miskin, sementara tingkat kemiskinan Kalsel  adalah 4,85 persen.

Secara nasional, provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Tanah Air adalah Provinsi Papua dengan 28,54 persen, disusul Papua Barat 25,43 persen, dan Nusa Tenggara Timur dengan 22,19 persen.

Sedangkan DKI Jakarta memiliki angka kemiskinan terendah di Indonesia, yakni hanya sebesar 3,75 persen, disusul Bali sebesar 4,25 persen. (ik)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan