Sitename

Description your site...

Desa Kalinapu Kembangkan Keramba Ikan Gabus dan Toman

Desa Kalinapu Kembangkan Keramba Ikan Gabus dan Toman

KALAMANTHANA, Tamiang Layang – Prioritas di bidang perikanan tambak keramba ikan di wilayah Desa Kalinapu, Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur (Bartim), sesuai  dengan kondisi desa yang letaknya berada di aliran sungai atau dataran rendah yakni di pesisir Sungai Telang Siong.

“Salah satu program prioritas yang menjadi andalan desa Kalinapu yakni tambak ikan keramba, yang sudah dianggarkan melalui dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) di tahun 2016 ini,” ucap  Kepala Desa (Kades) Kalinapu, Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur (Bartim) Yasman S, kepada KALAMANTHANA, di sela-sela kegiatannya.

Dikatakannya, sekarang pembibitan keramba ikan, dengan jenis ikan gabus dan toman karena kedua jenis ikan tersebut termasuk ikan yang daya tahan hidupnya lebih kuat dibandingkan ikan jenis lainnya,  karena  mampu hidup dengan kondisi air pasang surut.

Saat ini pihaknya telah membentuk koperasi di masyarakat dalam mengelola ikan keramba. Tiap koperasi nantinya diberikan seribu bibit ikan gabus dan toman guna dikelola masyarakat yang tergabung dalam koperasi yang telah dibentuk sebanyak kurang lebih lima koperasi.

“Untuk pembibitan dua jenis ikan yang dikelola memakan waktu kurang lebih delapan bulan lamanya. Dan untuk harga jual per ekor bibit ikan jenis toman dan gabus tersebut masing-masing dipatok seharga seribu rupiah yang dipasok dari Kalimantan Selatan. Harga pakan ikan perkilogramnya sekitar Rp1,2 ribu rupiah. Dalam seribu ikan menghabiskan pakan ikan dalam sehari sekitar 20 kilogram pakan ikan,” jelasnya.

Menurutnya, dalam pembibitan dua jenis ikan tersebut, tingkat keberhasilannya sebanyak 70 persen. Dengan harga jual perkilogramnya dua jenis ikan gabus dan toman di pasaran kurang lebih seharga Rp50 ribu perkilogramnya, tiap ikan keramba yang berhasil atau siap panen dengan berat per ekor ikan masing- masing sekitar setengah kilogram. Sedangkan untuk kelebihan hasil panen ikan tersebut dibikin menjadi ikan asin, kemudian ikan asin tersebut dikemas menggunakan bahan plantik dan dijual di sejumlah kios-kios dan pasar di Kecamatan Dusun Timur di Tamiang Layang. (afa)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan