Sitename

Description your site...

Catat Tanggal Ini, Warga Samarinda Bisa Terbang dari Bandara Baru

Catat Tanggal Ini, Warga Samarinda Bisa Terbang dari Bandara Baru

KALAMANTHANA, Samarinda – Ini kabar bagus bagi masyarakat Samarinda, Kalimantan Timur. Mereka sudah bisa terbang dari Bandara Samarinda Baru (BSB) di Sungai Siring, terhitung 9 Januari 2017 mendatang.

Kenapa hari itu? Sebab, hari itulah bandara tersebut diresmikan. Peresmiannya bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Pemprov Kalimantan Timur. Begitu diresmikan, bandara langsung bisa beroperasional.

“HUT Pemprov Kaltim pada 9 Januari, jadi untuk peresmian sekaligus operasional BSB akan dilakukan di sekitar tanggal itu. Kami masih menyesuaikan waktu yang tepat, apalagi penuntasan sisi udara BSB saat ini masih berlangsung,” ujar Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Kaltim Zairin Zain di Samarinda, Sabtu (30/7/2016).

Saat peresmian mendatang, landasan BSB hanya mampu didarati oleh pesawat jenis ATR dan Bombardier karena masih kurang panjang sehingga pihaknya masih membutuh dukungan pemerintah pusat dalam pengembangan “run way”.

Untuk mendapatkan bantuan APBN dari pemerintah pusat, lanjutnya, maka pengelolaan kemudian BSB diserahkan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan, beberapa pekan lalu.

Penyerahan ini hanya bersifat sementara karena jika landasan sudah panjang dan mampu melayani penerbangan pesawat besar, maka aset yang diserahkan boleh ditarik lagi untuk dikelola kembali oleh Pemprov Kaltim.

Saat ini, lanjutnya, pembangunan BSB hampir seluruhnya selesai seperti pembangunan landasan pacu yang sudah lebih 70 persen, sedangkan untuk sisi darat berupa terminal dan fasilitas lainnya sudah tuntas dua tahun sebelumnya.

Ia mengatakan aset BSB di Sungai Siring yang diserahkan dengan nilai sekitar Rp2 triliun itu, berupa sejumlah bangunan senilai Rp1,4 triliun dan tanah seluas 280 hektare yang jika diuangkan setara dengan Rp500 miliar. (ant/rio)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan