Sitename

Description your site...

Duh, 6 Bulan 24 LGBT Pontianak Terinfeksi HIV/AIDS

Duh, 6 Bulan 24 LGBT Pontianak Terinfeksi HIV/AIDS

KALAMANTHANA, Pontianak – Dinas Kesehatan Kota Pontianak, mencatat sepanjang semester satu tahun 2016 di Pontianak sebanyak 77 orang positif terinfeksi virus HIV/AIDS. Sebanyak 24 orang di antaranya dari kalangan LGBT.

“Dari sebanyak 77 yang terinfeksi virus HIV/AIDS tersebut, terdiri dari 47 orang terinfeksi HIV, dan 30 orang sudah menderita AIDS,” kata Kadis Kesehatan Kota Pontianak Sidik Handanu di Pontianak, Sabtu (30/7/2016).

Ia menjelaskan, kalau dilihat dari jenis kelamin, maka laki-laki lebih mendominasi dibanding perempuan, yakni laki-laki sebanyak 56 orang, dan perempuan sebanyak 21 orang.

“Dari 77 orang tersebut, yang mempunyai perilaku berisiko sebanyak 30 orang, 20 orang di antaranya lelaki suka sesama jenis, empat waria, dan enam pengguna jarum suntik narkoba. Kemudian sisanya sebanyak 47 orang tidak memiliki kelainan seksual, artinya memiliki perilaku seksual yang normal,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Handanu menambahkan, pihaknya berencana akan melakukan program VCT (Voluntary Counseling Test) HIV/AIDS kepada setiap calon pengantin di kota setempat.

“Hal itu dilakukan agar HIV/AIDS tidak semakin berdampak buruk, terutama pada anak hasil perkawinan pada orang tua yang terinfeksi HIV/AIDS,” ujarnya.

Apalagi menurut dia, di Kota Pontianak saat ini ditemukan empat ibu hamil yang telah positif terinfeksi virus HIV/AIDS. Penyebab HIV tersebut tidak diketahui secara pasti, apakah dari suami atau dari sang ibu sendiri.

Sehingga menurut dia, alangkah lebih baik, jika sebelum pernikahan, maka setiap calon pengantin sebaiknya dilakukan VCT untuk mengetahui apakah mengidap HIV/AIDS. Jika ada salah satu yang hasilnya positif, maka calon pengantin itu masih bisa berpikir melanjutkan atau tidak rencana perkawinannya.

Menurut dia, rencana program tersebut telah disetujui oleh Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak. Saat ini juga sedang dibicarakan dengan pihak Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Kalbar, guna ditindaklanjuti ke depannya. (ant/rio)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan