Sitename

Description your site...

Haji Kalteng: Kapuas Terbanyak, Gunung Mas Nol

Haji Kalteng: Kapuas Terbanyak, Gunung Mas Nol

KALAMANTHANA, Palangka Raya – Sebanyak 1.078 calon jamaah haji Kalimantan Tengah bakal diberangkatkan menuju Tanah Suci. Mereka berasal dari seluruh kabupaten/kota, kecuali Kabupaten Gunung Mas.

Dari seluruh wilayah kabupaten/kota di provinsi berjulukan Bumi Tambun Bungai itu, Kabupaten Kapuas terbanyak dalam memberangkatkan calon haji dengan total 245 jamaah. Kemudian disusul Kota Palangka Raya sebanyak 192 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur sejumlah 146 jamaah, Kabupaten Barito Utara 131 orang, dan Kabupaten Barito Timur 104 jamaah.

Kabupaten Kotawaringin Barat mendapat alokasi 77 jamaah, Kabupaten Barito Selatan 56 jamaah, Pulang Pisau 33 jamaah, Seruyan 26 jamaah, Kabupaten Katingan 21, Murung Raya 20 jamaah, Lamandau 11 jamaah, Sukamara 10 jamaah dan ditambah enam TPDH. Sementara untuk Kabupaten Gunung Mas tidak ada calon haji yang berangkat ke Tanah Suci.

Pemberangkatan jamaah sendiri akan dilakukan dalam empat kelompok terbang (kloter). “Jamaah kita akan dibagi dalam empat kloter, yakni kloter 10, 11, 12 dan 13,” kata Kakanwil Kemenang Kalteng Abdul Halim melalui Kepala Bidang Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Kalteng Ubaidillah Ahmad di Palangka Raya.

“Saat ini beberapa persiapan telah kita laksanakan seperti bimbingan manasik, pelunasan dan penyiapan perlengkapan haji. Sementara untuk cek kesehatan tahap akhir akan dilaksanakan saat calon jamaah masuk asrama,” katanya.

Kasi Pendaftaran Haji Kanwil Kemenag Kalteng Suwarso menambahkan bahwa proses pemberangkatan jamaah haji Kalteng tahun ini sama dengan tahun sebelumnya.

“Alur pemberangkatannya sama saja dengan tahun kemaren, hanya saja tahun ini kita tidak menggunakan Garuda Indonesia namun menggunakan Arab Saudi Airlines,” katanya.

Para calon jamaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji ke Mekkah Al-Mukarramah diminta menjaga kesehatan serta mempersiapkan fisik dengan maksimal, mengingat ritual pada ibadah ini banyak menggunakan kekuatan fisik. (ant/rio)

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan