Sitename

Description your site...

Ardianson Jadi Damang Baru Dusun Selatan

Ardianson Jadi Damang Baru Dusun Selatan

KALAMANTHANA, Buntok – Ardianson akhirnya terpilih menjadi Damang Kepala Adat (DKA) kecamatan Dusun Selatan masa bakti 2016-2022 menggantikan Bertison Iyok dalam pemilihan Damang Kepala Adat di aula kecamatan setempat, Senin (8/8/2016).

Sebelumnya ada lima calon yang maju dalam pemilihan DKA tersebut di antaranya Bertison Iyok (DKA incumbent), Ardianson, Arbadianto, Indra Subagyo dan Adrianson.

Setelah melalui voting cukup alot diikuti Kades, Sekdes, mantir desa, kecamatan dan mantir kelurahan se kecamatan Dusun Selatan akhirnya Ardianson berhasil meraih 27 suara, disusul Bertison Iyok 20 suara, Arbadianto 20 suara, Indra Subagyo 9 suara dan Adrianson 3 suara.

Pemilihan DKA itu langsung diketuai oleh Camat Dusun Selatan Kujang Rosayadi dengan Sekretaris panitia Suryaji SP MM dan dihadiri oleh Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) kabupaten Barito Selatan Lewy Bungken, Tirta L KDR (ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan) serta unsur Tripika kecamatan Dusun Selatan.

Di tempat yang sama ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Barito Selatan Lewy Bungken mengatakan, tujuan dilaksanakannya pemilihan DKA agar adat tidak punah dan terus dilestarikan yang salah satunya melalui berbagai unsur adat.

“Kepada siapa saja yang nantinya terpilih menjadi DKA kecamatan Dusun Selatan, marilah kita bersama-sama melestarikan adat istiadat yang ada di daerah ini dengan tetap menjunjung tinggi falsafah huma betang serta terus menjaga kedaulatan NKRI,” ujar Lewy Bungken saat sebelumnya mengawali acara pembukaan.(fik)

 

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan