Sitename

Description your site...

Kemarau Datang, Warga Seruyan Waspadai Penyakit Ini…

Kemarau Datang, Warga Seruyan Waspadai Penyakit Ini…
ilustrasi

KALAMANTHANA, Kuala Pembuang – Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai berbagai macam penyakit yang muncul pada musim kemarau.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan, Mahdiniansyah di Kuala Pembuang, Selasa (9/8/2016), mengatakan beberapa penyakit yang sering menyerang masyarakat pada musim kemarau adalah batuk, demam, diare hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, puluhan warga dari berbagai kecamatan di Seruyan terserang ISPA dan diare sehingga harus menjalani perawatan, baik itu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kuala Pembuang maupun RSUD Hanau,” katanya.

Ia menjelaskan penyakit ISPA dapat dengan mudah menyerang masyarakat karena di musim kemarau debu bercampur polutan yang beterbangan kemungkinan besar masuk ke rongga pernafasan yang akhirnya menyebabkan batuk disertai flu dan ISPA.

Selain itu, debit air bersih yang menurun pada musim kemarau juga berpotensi menyebabkan warga memakai air yang kurang bersih untuk kebutuhan rumah tangganya sehingga dampaknya warga terkena diare karena mengkonsumsi air minum yang kurang higienis.

Menurutnya, langkah yang paling efektif untuk mencegah penyebaran penyakit ini adalah menjaga kebersihan lingkungan serta banyak mengkonsumsi makan-makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

“Oleh karena itu kami mengimbau warga untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungannya masing-masing seperti mencuci tangan dan mengkonsumsi dengan air bersih atau bisa menggunakan masker ketika melintasi jalan yang berdebu,” katanya.

Kemudian, untuk mengatasi penyebaran penyakit saat kemarau, Dinkes juga telah meminta petugas puskesmas untuk lebih banyak memberikan penyuluhan terhadap masyarakat serta melakukan pengawasan di daerah dengan kasus penyakit diare dan ISPA yang cukup tinggi seperti di Kota Kuala Pembuang. (ant/rio)

Tags: , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan