Sitename

Description your site...

Jangan Khawatir, Stok Sapi Kurban di Sambas Aman

Jangan Khawatir, Stok Sapi Kurban di Sambas Aman

KALAMANTHANA, Sambas – Tradisi arisan kurban membuat kebutuhan sapi Idul Adha makin meningkat di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Tapi tak perlu khawatir, stok sapi memadai.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sambas, Makbullah memastikan stok sapi cukup. “Mengapa kita nyatakan aman? Karena hal itu berdasarkan pantauan di lapangan ke sejumlah peternak di Sambas,” ujarnya di Sambas, Jumat (12/8/2016).

Makbullah menjelaskan, sejumlah peternak yang ditemui sudah melaporkan bahwa selain mengandalkan sapi hasil ternakan sendiri, juga sudah ada peternak yang mendatangkan sapi dari Pulau Bangkalan.

“Jadi mudah-mudahan dari apa yang kita prediksikan dengan stok serta di lapangan akan demikian,” katanya.

Berdasarkan pengalaman dari tahun sebelumnya saat Idul Adha ribuan sapi dibutuhkan masyarakat untuk berkurban. Untuk tahun ini angka jumlah sapi yang dibutuhkan tidak akan jauh beda dari tahun sebelumnya sehingga patokan untuk penyediaan stok sudah tergambar.

“Di Sambas kita perhatikan memang kebutuhan sapi untuk kurban terus tinggi. Itu karena adanya tradisi arisan sapi kurban di masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan ketika nanti mendekati Idul Adha pihaknya akan menurunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban dalam rangka memastikan hewan itu aman dikonsumsi.

“Kita minta juga pengurus masjid menginformasikan terkait hewan kurban yang akan dipotong nanti. Kita siap mengecek kondisi hewan,” kata dia. (ant/rio)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan