Sitename

Description your site...

Lebih Tiga Jam, Ratusan Kios Pasar Besar Diamuk Api

Lebih Tiga Jam, Ratusan Kios Pasar Besar Diamuk Api
ilustrasi

KALAMANTHANA, Palangka Raya – Kebakaran be besar melanda Pasar Besar Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Lebih dari tiga jam api mengamuk, menghanguskan ratusan kios.

“Kebakaran hari ini menghanguskan ratusan kios lebih. Diperkirakan kebakaran terjadi mulai pukul 03.30 WIB,” kata Anwar, salah satu petugas pemadam saat ditemui di lokasi kebakaran, Selasa (16/8/2016).

Dia mengatakan, dalam peristiwa tersebut puluhan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menghentikan amukan si jago merah itu.

“Puluhan mobil damkar swakarsa yang ada di Palangka Raya saat mendapat informasi langsung ke lokasi. Belum lagi mobil damkar dari pemerintah kota, pemerintah provinsi dan damkar Tagana serta dari pihak lain juga turut melakukan pemadaman,” katanya lagi.

Keterangan sementara di lapangan menyebutkan, kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik pada salah satu kios di pasar tersebut.

“Diduga penyebab kebakaran karena arus pendek listrik, mengingat saat itu aktivitas pedagang belum dimulai. Saat ini tim dari Polda Kalteng Tengah langsung melakukan olah TKP untuk memastikan penyebab kebakaran,” kata Ahmad, petugas pemadam swakarsa yang lain.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak terkait, namun dari kalkulasi sementara kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

“Ratusan ruko yang terbakar di antaranya ada yang berlantai dua, bahkan ada juga yang menjual perak dan emas. Memang belum ada data resmi namun diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta dan mungkin bisa lebih dari satu miliar jika dihitung dengan nilai bangunannya,” katanya lagi.

Sekitar pukul 07.00 WIB, api berhasil dipadamkan. Namun sejumlah petugas pemadam masih di lokasi untuk menyiram titik-titik api dan asap yang masih tersisa.

Sejumlah warga juga terlihat memadati lokasi untuk menyaksikan sisa-sisa kejadian kebakaran tersebut. (ant/rio)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan